Nationalgeographic.co.id—Ketika seorang aktris Romawi secara brutal diperkosa oleh sekelompok pria muda, ia memulai pertempuran terbuka untuk mendapatkan keadilan. Kisah perjuangannya dan kegagalannya biasanya tidak lebih dari catatan kaki dalam sejarah pria penting di masa itu. Di sisi lain, kejadian ini sebenarnya mengungkapkan sisi gelap keberadaan perempuan 2.000 tahun yang lalu.
Wanita yang namanya hilang ditelan waktu itu adalah seorang mimae, sejenis komedian bisu yang populer di Kekaisaran Romawi. Ia tampil di teater pedesaan untuk pertunjukan sederhana di Atina, mengharapkan tidak lebih dari sekedar beberapa tawa. Tetapi bahkan sebelum dia meninggalkan teater, sekelompok pria di antara penonton menjatuhkannya ke tanah, menjepitnya, dan menyiksanya.
Wanita ini berjuang untuk keadilan. Ia mengajukan tuntutan terhadap orang-orang yang menyerangnya. “Juga mencoba menggunakan skandal itu untuk menghancurkan karir politik salah satu pemerkosanya,” ungkap Mark Oliver dilansir dari laman Ancient Origins. Alih-alih mendapatkan keadilan, pengadilan Romawi malah menertawakannya.
"Oh, betapa elegannya masa muda berlalu," kata pengacara penyerangnya, Cicero, selama persidangan, "ketika satu-satunya hal yang diperhitungkan kepadanya adalah bahwa tidak ada banyak kerugian."
Ini adalah kisah mengerikan yang masih sering kita temukan di zaman modern sekarang ini. Pemerkosaan itu hanya sekedar satu insiden dalam sejarah dan selalu berulang. Inilah sepenggal kisah tentang kehidupan mengerikan yang dialami aktris Romawi selama ratusan tahun.
Perlakuan mengerikan yang dialami para aktris Romawi
Wanita jarang diizinkan tampil di grup akting yang disegani. Seperti teater pada masa Shakespeare, peran wanita biasanya diambil oleh pria yang mengenakan pakaian wanita.
Ada beberapa pengecualian – di tahun-tahun terakhir kekaisaran, segelintir wanita berhasil mendapatkan peran yang terhormat – namun itu jarang terjadi. Kebanyakan wanita tidak pernah mendapat kesempatan untuk tampil di panggung yang terhormat.
Sebaliknya, sebagian besar wanita diturunkan ke kehidupan sebagai penari dan “mimae” – pantomim yang akan memparodikan mitos dan pahlawan. Meski dianggap remeh, ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Para wanita ini mulai berlatih ketika masih anak-anak.
“Mereka harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengasah keahlian mereka,” tambah Oliver.
Tetapi para pria di antara hadirin memperlakukan mereka tidak lebih dari pelacur. Pria akan berteriak menuntut agar aktris melepas pakaian mereka. Mirisnya, seiring waktu sebagian besar aktris akan mematuhinya.
Teater tidak menunjukkan atau bahkan membicarakan soal kecerdasan aktris atau kemampuan untuk memunculkan emosi halus. Sebaliknya, mereka biasanya digambarkan sebagai sesuatu yang sedikit lebih dekat dengan pornografi.
Horace satiris menyindir bahwa "apa yang dimiliki artis sama dengan apa yang dimiliki pelacur.” Penyair Martial menggambarkan sebuah pertunjukan sebagai para wanita ‘akan membuat Hippolytus masturbasi.’
Suatu kehidupan di mana para aktris tidak bisa lari darinya
Agar adil bagi para pria ini, para wanita pada dasarnya adalah pekerja seks. Kebanyakan dari mereka dapat disamakan dengan penari telanjang modern daripada aktris. Maka tidak heran jika mereka diharapkan lebih menggairahkan daripada menghibur.
Bagi para aktris, mereka berada di dunia teater bukan karena pilihan. Sebagian besar adalah budak, terjebak dalam kehidupan yang disebut orang Romawi sebagai "perhambaan teater". Mereka tidak punya pilihan selain tampil. Jika seorang aktris kabur, pemiliknya berhak menyeretnya kembali dan memaksanya kembali ke atas panggung.
Baca Juga: Menelisik Pelacur di Era Romawi Kuno, Dibayar dengan 'Sepotong Roti'
Baca Juga: Selidik Praktik Kuno Prostitusi Suci, Bagaimana Ketentuannya?
Baca Juga: Fakta Vomitorium Romawi, Apakah Berfungsi sebagai Ruang untuk Muntah?
Baca Juga: Frumentarii, Pengumpul Gandum yang Diangkat Jadi Agen Rahasia Romawi
Tapi itu tidak berarti bahwa setiap aktris Romawi menetap dalam kehidupan yang biasa-biasa saja, eksploitasi, dan pelecehan seksual. Banyak wanita menginginkan lebih dan mereka berjuang keras untuk mendapatkannya. Mereka bergabung dengan serikat aktris dan mengusahakan peran yang lebih baik. Segelintir aktris mendapatkan reputasi yang dan kehormatan di atas panggung.
Setidaknya satu wanita mendapatkan kehormatan itu. Seorang gadis muda bernama Eucharis tampil sangat baik. Mengatakan bahwa dia seolah-olah diajar oleh tangan Muses, bakat berhasil membuatnya kebebasan. Eucharis mendapat peran dalam drama Yunani klasik dan tempat di panggung di depan penonton bangsawan. “Ia pun bangga dengan rasa hormat yang berhasil diperolehnya,” ungkap Oliver.
Kisahnya, bagaimanapun, adalah pengecualian dari sebuah aturan dan kebiasaan Romawi. Sebagian besar aktris bekerja keras di atas panggung kotor untuk menelanjangi pria mabuk sepanjang hidupnya. Tanpa ada kesempatan untuk melarikan diri.
Source | : | Ancient Origins |
Penulis | : | Sysilia Tanhati |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR