Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil, Cegah Cacat Hingga Obati Sembelit

By Vinsensia Pintaria, Selasa, 29 Januari 2019 | 10:30 WIB
Buah naga dengan berbagai manfaatnya. (alan64/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Selain enak untuk dimakan, buah naga juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak terkecuali, ibu hamil beserta janinnya. Kandungan gizi pada buah naga yang komplet membantu memenuhi asupan gizi untuk tumbuh kembang janin selama di kandungan. 

  1. Membantu Perkembangan Tulang

Siapa yang menyangka bahwa buah berwarna merah ini mengandung kalsium dan fosfor yang juga terdapat dalam susu? Kalsium dan fosfor membantu perkembangan dan memperkuat tulang bayi yang belum lahir. Dan, mencegahnya dari penyakit kelainan tulang.

Selain itu, kandungan Vitamin C juga ikut mendukung pertumbuhan tulang, gigi, dan gusi janin. Menurut Intake Reference Diet, ibu jamil yang dituntut untuk melakukan diet saat hamil dengan alasan kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya memenuhi asupan Vitamin C sebanyak 70 miligram setiap harinya. Dapat juga dengan menambahkan buah jeruk atau jenis beri-berian sebagai tambahan Vitamin C.

Baca Juga : Tetap Kurus Meskipun Banyak Makan? Ini Penjelasan Ilmiah Di Baliknya

  1. Sumber Lemak Nabati

Tidak hanya mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi, dan asam folat. Buah naga juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menjadi sumber energi bagi ibu hamil berserta janinnya. Selain energy, lemak juga berfungsi dalam pembentukan otak janin.

Jika sang ibu mengalami kekurangan berat badan, kandungan asam lemak trans dalam buah naga juga dapat meningkatkan berat badan selama kehamilan.

Keuntungan lainnya, jika Anda seorang vegetarian. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan gizinya yang sangat kaya dan komplet membantu sang ibu mengontrol nutrisi bagi janinnya agar selalu sehat.

  1. Mencegah Cacat Lahir pada Anak

Janin dan plasenta (Mohammed Haneefa Nizamudeen/Getty Images/iStockphoto)

Buah naga sangat kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk "melindungi" janin dari cacat tabung saraf. Selain asam folat, nutrisi lain seperti vitamin B1,B2, dan B3 juga ikut berperan sebagai asupan nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang janin

    4. Mengobati Sembelit dan Konstipasi

Tingginya kandungan serat dalam buah naga membantu mengurangi terjadinya sembelit pada ibu hamil. Serat ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dan racun yang mengendap dalam sistem pencernaan, agar buang air besar menjadi lebih lancar. Mengonsumsi satu porsi buah naga cukup untuk memenuhi kebutuhan serat ibu hamil dalam sehari

Baca Juga : Sering Konsumsi Makanan yang Digoreng Tingkatkan Risiko Kematian Dini

    5. Meningkatkan Hemoglobin

Kandungan zat besi dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu jamil. Kurangnya hemoglobin dalam darah dapat mengurangi risiko anemia dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan rendahnya kadar hemoglobin.