Untaian Lampu Hias Sepanjang 27 Kilometer untuk Rayakan Natal

By Gita Laras Widyaningrum, Minggu, 23 Desember 2018 | 10:00 WIB
Rumah Trunec yang dihiasi dengan cahaya lampu. (voaindonesia.com)

Nationalgeographic.co.id - Apa yang Anda lakukan untuk merayakan Natal? Vaclac Trunec, salah satu penduduk Republik Ceko, menghias rumah dan tamannya dengan lampu hias berwarna-warni setiap Natal. Yang menakjubkan, ia menggunakan lampu sepanjang 27 kilometer agar rumahnya penuh dengan cahaya.

Meski bagi sebagian orang kegiatan ini sangat merepotkan, tapi Trunec senang melakukannya. Ia pertama kali mendekorasi kediamannya 17 tahun lalu, dengan 200 lampu. Seiring berjalannya waktu, Trunec kemudian menambahkan hiasan Natalnya hingga semeriah sekarang.

Baca Juga : Indonesia dan Berbagai Perayaan Natal Unik, Ngejot Hingga Kunci Taon

“Mengapa saya memulai ini? Itu karena saya terinspirasi oleh film-film Amerika. Meski begitu, saya tidak meniru dekorasi mereka. Saya tetap setia dengan tradisi Republik Ceko,” kata Trunec, dilansir dari voaindonesia.com

“Karena itu Anda tidak akan menemukan Santa, rusa-rusa kutub, atau hiasan bintang yang berkedip-kedip," imbuhnya, 

Tahun ini, tema hiasan lampu di rumah Trunec adalah kelahiran, hewan-hewan, kereta kuda, bintang-bintang, dan manusia salju.

Baca Juga : Natal Identik dengan Warna Merah dan Hijau, Apa Makna di Baliknya?

Dengan hiasan tersebut, Trunec berhasil memecahkan rekor karena menggunakan 55.274 bola lampu dan LED dioda, serta 304 trafo. Sekitar 330 bagiannya dikendalikan oleh satu komputer.

Setiap tahun, hiasan Natal di rumah Trunec menarik perhatian banyak orang. Meski tidak ada tiket masuk, tapi pengunjung diharapkan memberi sumbangan untuk membantu Trunec membayar tagihan listrik sebesar 500 euro atau sekitar Rp8,3 juta.