Lima Tsunami Paling Mematikan yang Pernah Terjadi di Bumi, Apa Saja?

By National Geographic Indonesia, Senin, 24 Desember 2018 | 12:52 WIB
Pemandangan Aceh setelah dihantam gempa bumi dan tsunami pada 2004. (Heri Mardinal/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Banyak tsunami yang telah terjadi sepanjang sejarah manusia. Beberapa di antaranya adalah yang terjadi di Indonesia. Seperti tsunami yang menghantam wilayah Mentawai pada Oktober 2010 dan tsunami Aceh pada 2004 lalu. Pada tahun 2018, Indonesia dihantam dua peristiwa tsunami, yakni di Palu dan Selat Sunda. 

Sejarah mencatat bahwa bencana alam tersebut hampir selalu merenggut banyak nyawa. Berikut ini adalah lima tsunami paling mematikan yang pernah terjadi di Bumi:

Tsunami AcehTsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur.

Baca Juga : 5 Gempa yang Mengakibatkan Tsunami Paling Mematikan Abad Ini

Sebanyak 226.000 jiwa tewas akibat tsunami ini dan 166.000 orang merupakan warga negara Indonesia. Gempa penyebab tsunami ini merupakan gempa terbesar keempat yang terjadi dalam sejarah, sedangkan tsunaminya merupakan yang terbesar. 

Tsunami di masa Yunani KunoTsunami pada masa Yunani Kuno ini diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam sepanjang sejarah. Penyebab tsunaminya adalah meletusnya gunung yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini. Jumlah orang yang tewas dalam tsunami ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 orang.

Gelombang tsunami mencapai 15 meter. Sementara itu, tsunami yang terjadi pada tahun 1500 SM ini diperkirakan menjadi sebab runtuhnya Minoa, salah satu peradaban yang berkembang kala itu.

Tsunami di Portugal, Spanyol, dan MarokoTsunami ini terjadi akibat gempa berpusat di dasar perairan Atlantik pada tahun 1755. Gelombang tsunami menghantam kota-kota di Portugal, Spanyol, dan Maroko dengan kerusakan terparah terjadi di wilayah kota Lisbon. Tinggi gelombang memang tak melebihi Tsunami Krakatau, tetapi jumlah orang yang tewas jauh lebih banyak, yakni 60.000 orang.

Baca Juga : Muncul Retakan Tanah yang Besar, Benua Afrika Akan Terbelah Dua?

Tsunami Laut China SelatanTsunami ini terjadi pada tahun 1782 di wilayah Laut China Selatan yang berdekatan dengan Taiwan. Sebab, tsunami adalah gempa tektonik yang terjadi di dasar lautan.

Tidak jelas pusat gempa dan kekuatannya, tetapi sebanyak 40.000 orang tewas karenanya. Berdasarkan katalog yang dipublikasikan Rusia, gelombang tsunami menerjang daratan hingga sejauh 120 kilometer.

Tsunami akibat letusan Gunung Krakatau di Selat SundaTsunami ini terjadi pada tahun 1883 dan membunuh sekitar 36.000 orang. Gelombang tsunami yang ditimbulkan oleh letusan mencapai tinggi 40 meter dan menyapu setidaknya 165 desa di wilayah Jawa dan Sumatera. Letusan Krakataunya sendiri merupakan letusan gunung api yang terbesar dalam sejarah, menimbulkan suara yang begitu keras dan abu vulkanik yang bahkan tersebar hingga ke Australia.