Jadikan Liburan Anda Layak Bersama TikTok

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 28 Desember 2018 | 18:07 WIB
Mendokumentasikan liburan dalam format video tengah naik daun. (iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Liburan masih berlangsung, sebagai traveler pasti anda sudah memiliki daftar destinasi wisata. Libur Natal dan libur tahun baru tentu memberikan suasana tersendiri bagi setiap daerah destinasi wisata. Salah satu hal yang harus dilakukan saat berpergian adalah mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk foto maupun video. Oleh karena itu, pikirkan secara matang mengenai bagaimana Anda mendokumentasikan setiap kejadian yang akan terjadi.

TikTok sebagai penyedia layanan video pendek memiliki beragam efek yang bisa membuat dokumentasi liburan terlihat unik. Salah satu efek yang bisa dibuat adalah menampilkan beberapa cuplikan video tempat wisata dalam satu video. Selain itu, pengguna pun bisa menambahan efek musik agar membuat video lebih menarik.

Wisatawan cerdas

Ketika wisatawan berkunjung ke objek wisata, biasanya mereka akan mengunggah foto atau video mengenai tempat tersebut ke media sosial mereka. Secara tidak langsung mereka membagikan informasi objek wisata tersebut kepada orang lain melalui sosial media yang tentunya dapat menambah pengetahuan bagi orang lain dan bahkan menarik minat mereka untuk berkunjung ke tempat yang sama.

Baca Juga : Ingin Membeli Kamera Traveling Terbaik? Pertimbangkan 6 Hal Ini

Sebagai salah satu aplikasi media sosial berbasis video, TikTok menjadi pilihan tepat untuk mengedit dan mengunggah video liburan anda. Aplikasi media sosial yang sedang “naik daun” ini dapat anda manfaatkan sebagai media untuk berbagi informasi mengenai tempat-tempat wisata yang anda kunjungi.

Bila ingin lebih menarik dengan visual yang berbeda, media sosial ini menyediakan berbagai template atau filters yang bisa digunakan secara gratis. Belum pernah mencoba? Unduh saja terlebih dahulu, sebelum liburan datang.

Wisatawan menggunakan aplikasi TikTok untuk berbagi keseruan liburan mereka. (Tangkapan tayang dalam aplikasi TikTok)

Akan lebih baik bila Anda dapat meluangkan waktu untuk mencoba sebelum memulai liburan anda. Hasil yang maksimal akan memberikan nilai tambah pada pengalaman video perjalanan Anda. Berikut ini kami berikan panduan singkat.

Setelah aplikasi terbuka, ketuk dan tahan tombol merah untuk memulai perekaman video. Tidak harus merekam dalam waktu panjang dalam satu kali perekaman. Kami sarankan lakukan multiple sections dengan masing-masing sesi perekaman sekitar 15 detik.

Pilih menu Filters atau Effects bila ingin memperkaya visual video Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan efek suara dalam perekeman video hanya dengan pilih menu Pick a Sound.

Tidak perlu khawatir bila Anda berubah pikiran. Anda masih bisa melakukan perubahan dan editing dalam video Anda. Memotong suara, mengatur besaran suara, mengganti suara, hingga mengubah dan menambahkan efek visual dapat dilakukan setelah selesai merekam video.