Antisipasi Rabies, KPKP DKI Jakarta Laksanakan Sosialisasi dan Vaksin Serentak

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 8 Januari 2019 | 12:57 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin rabies. (CactusStudio/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, pada hari ini, Selasa (8/1/2019) melakukan sosialisasi penularan rabies dan vaksin secara serentak di lima kelurahan di Jakarta.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/1/2019), Sri Hartati, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKI Jakarta, sehari sebelumnya mengatakan bahwa rencananya akan dilakukan sosialisasi dan pengamanan hewan penular rabies.

Namun pada pelaksanaannya, hari ini hanya dilakukan sosialisasi. "Hari ini melakukan sosialisasi. Sebenarnya ada penangkapan, karena ada protes dari komunitas penyayang binatang soal penangkapan, jadi kami lakukan sosialisasi saja," ungkap Syofian Tahir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur.

Baca Juga : Diduga Alami Pelecehan Seksual, Wanita yang Alami Koma Hampir 10 Tahun ini Melahirkan

Terkait dengan hal ini, Syofian mengimbau bagi masyarakat yang memiliki anjing dan kucing untuk membawa hewan peliharaannya ke tempat yang sudah ditentukan untuk diberikan vaksin rabies.

Sosialisasi dan pemberian vaksin rabies di Jakarta Timur. (Kompas.com/Aryadita)

Pemberian vaksin rabies kepada hewan peliharan maupun hewan liar tidak dikenakan biaya. "Ini gratis, untuk pemiliki anjing dan kucing silakan datang ke sini," ucap Irma Budiany, Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur.

Dilansir dari Kompas.com, Mengenai rencana razia hewan liar, Syofian mengatakan bahwa pihaknya tengah menunggu koordinasi dari KPKP dengan komunitas pencinta hewan.

Baca Juga : Memiliki Rahang Besar dan Gigi Tajam, Seberapa Kuat Gigitan T-Rex?