Cegah Kanker Usus Besar, Konsumsi Keempat Makanan Sehat Ini

By National Geographic Indonesia, Senin, 21 Januari 2019 | 11:37 WIB
Ilustrasi kanker usus besar. (RyanKing999/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menurut data American Cancer Society pada 2013, kanker usus besar adalah salah satu penyebab utama kematian pada pria dan wanita setelah kanker paru-paru.

Dibandingkan dengan pap smear atau deteksi dini kanker serviks serta kanker payudara, masih banyak orang yang belum tahu bahwa kanker usus besar atau kolon juga bisa dicegah sedari awal. 

Baca Juga : Peneliti: Cokelat Lebih Ampuh Mengobati Batuk Dibanding Obat-obatan

Deteksi dini memiliki tingkat akurasi atau presisi yang cukup dan dapat mendeteksi polip prakanker sebelum berubah menjadi kanker sepenuhnya. Kanker usus besar sangat dapat disembuhkan jika berhasil ditemukan ketika masih stadium dini.

Pola makan adalah salah satu cara untuk mencegah kanker usus besar. Karena kanker ini berkembang dari sel abnormal pada lapisan usus besar atau rektum, maka gizi memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan atau menurunkan risikonya. Berikut ini makanan yang dianjurkan untuk mencegah kanker usus besar:

Alpukat

Serat sangat faktor yang sangat penting untuk memerlancar pencernaan dan mencegah munculnya polip.

Alpukat adalah salah satu jenis makanan tinggi serat, begitu juga gandum utuh, oatmeal beras merah, dan kacang-kacangan hitam.

Ubi

Makanan kaya antioksidan adalah pilihan yang baik untuk menangkal semua jenis sel kanker karena dapat menetralisir efek negatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Makanan seperti bayam, kale, brokoli, ubi dan wortel merupakan sumber antioksidan alami.

Baca Juga : Mengapa Beberapa Orang Berkeringat Lebih Banyak dari yang Lainnya?