Mengapa Sering Mengantuk Setelah Sarapan? Berikut Penjelasannya

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 24 Januari 2019 | 09:38 WIB
Ilustrasi. (cyano66/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apakah Anda sering mengantuk setelah sarapan? Jika iya, mungkin hal ini menjadi penyebabnya. 

Dilansir dari Kompas.com, Guru Besar Pangan dan Gizi IPB Prof Ali Khomsan, MS menjelaskan bahwa rasa mengantuk setelah sarapan mungkin disebabkan oleh menu makanan yang terlalu 'berat'. 

Ia memaparkan, dalam proses pencernaan karbohidrat, diperlukan oksigen. Ketika tubuh menggunakan oksigen terlalu banyak untuk mencerna makanan, maka otak akan mengalami defisit oksigen.

Baca Juga : Mengenal Operasi Bariatrik yang Bantu Titi Wati Turunkan Berat Badan

Melihat hal tersebut, sebaiknya usahakan untuk makan sarapan dengan cukup, tidak kekurangan namun tidak juga berlebihan agar tidak mengantuk setelahnya. 

Menurut Ali, menu sarapan orang-orang Barat mungkin bisa ditiru. Mereka kerap menyajikan menu dengan gizi seimbang. Untuk sereal misalnya, biasanya dicampur dengan susu, kacang, buah, dan yoghurt. Menu tersebut juga tidak terlalu 'berat' untuk tubuh.

"Sereal sebetulnya memenuhi syarat sebagai sarapan yang relatif netral. Tidak terlalu kenyang dan biasa saja," kata Ali, saat ditemui Kompas.com di acara kick off Koko Olimpiade 2019 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ali juga menyarankan kita untuk menghidari makanan yang terlalu asam atau pedas saat sarapan. 

Baca Juga : Penelitian: Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Meski begitu, kebiasaan mengantuk setelah sarapan ini, ternyata juga sering dialami oleh mereka yang tidak terbiasa makan pagi. 

"Orang orang yang mengantuk, sering kali dia sudah lama tidak sarapan. Artinya, ketika dia mencoba sarapan perutnya memberontak karena penyesuaian," paparnya.