Lava Pijar Merapi Mengarah ke Kali Gendol, Status Merapi Waspada

By Nathania Kinanti, Rabu, 30 Januari 2019 | 10:10 WIB
Letusan freatik gunung Merapi pada hari Senin (21/5/2018). (Humas BNPN)

Nationalgeographic.co.id – Lava pijar terlihat keluar kembali dari gunung berapi. Berdasarkan cuitan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), pada Rabu (30/01/19), hingga pukul 06.00 WIB tercatat satu kali guguran terjadi pukul 01.49 WIB yang mengarah ke Kali Gendol.

Sebelumnya pada selasa (29/01/19) merapi telah mengeluarkan dua guguran lava pijar yang mengarah ke Kali Gendol  pada pukul 07.10 dan 09.36 WIB.

Baca Juga : Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar, Sejumlah Desa Alami Hujan Abu

Menjelang senja, terjadi dua guguran lava susulan pada pukul 17.12 dan 17.52 . Guguran lava terakhir dari merapi muncul pada pukul 21.41 WIB berdasarkan tangkapan CCTV BPPTKG.

Hingga kemarin, total guguran lava pijar yang tercatat adalah sebanyak sebelas kali. Tercatat sebanyak 10 guguran mengarah ke arah Kali Gendol.

Peristiwa semburan lava pijar ini sempat menyebabkan terjadinya hujan abu di beberapa desa di Kabupaten Boyolali, yaitu Desa Cluntang, Desa Mriyan, dan Desa Ringin Larik. Hujan abu terjadi cukup tipis sehingga tidak mengganggu penglihatan masyarakat sekitar.

Baca Juga : Gunung Agung Kembali Meletus, NASA Anggap Letusan Gunung Agung Sebagai Kabar Bahagia

Sementara ini status dari merapi masih dinyatakan Waspada (level II ). BPPTKG mengimbau para warga terutama yang ada diwilayah rawan bencana III untuk tetap tenang dan waspada jika terjadi guguran susulan atau hujan abu lokal.