Tanpa Disadari, Ada Ratusan Spesies Bakteri yang Hidup di Usus Manusia

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 13 Februari 2019 | 07:30 WIB
Dr Samuel Forster mempelajari bakteri yang ditemukan di usus manusia. (The Hudson Institute)

Nationalgeographic.co.id – Mungkin Anda tidak merasakannya, tapi usus manusia merupakan salah satu ‘titik’ yang penuh dengan keanekaragaman hayati–menyimpan ratusan spesies hidup yang berbeda-beda.

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa usus manusia menampung banyak spesies bakteri dan kini mereka berencana membuat ‘katalog komprehensif’ untuk mengetahui jumlahnya.

Baca Juga : Rahasia Hibernasi Kura-kura di Bawah Es: Bernafas Melalui Pantat

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Nature Biotechnology, Dr Samuel Forster, pemimpin penelitian di Australia’s Hudson Institute, menganalisis sampel tinja dari 20 penduduk Inggris dan Kanada.

Meski hanya mewakili sedikit keragaman populasi dunia, tapi ada 273 spesies yang berhasil diidentifikasi dari sampel tersebut. Sebanyak 105 bakteri bahkan merupakan spesies baru dan 68 lainnya belum pernah diurutkan peneliti.

Dilansir dari IFL Science, Forster memperkirakan ada sekitar 5.000 spesies bakteri yang hidup pada manusia di seluruh dunia. Namun, masing-masing individu mungkin hanya menyimpan 200 spesies. Beberapa merupakan bakteri umum yang ada pada setiap orang, sementara sisanya berasal dari pengaruh tempat tinggal atau pola diet yang tidak biasa.

Ekosistem di usus manusia masih sulit diketahui. Memahami keanekaragaman mikrob yang tumbuh subur di dalam tubuh manusia sama susahnya meneliti keragaman hutan hujan. Bakteri yang ada di usus ini terkadang memakan nutrisi yang berbeda–seringkali bukan dari makanan yang kita masukkan ke dalam mulut, tetapi produk limbah dari mikrob lain.

Meskipun baru mengidentifikasi sebagian kecil dari organisme bersel tunggal yang tinggal di usus manusia, tapi Forster mengatakan penelitiannya bisa memberikan dampak besar.

“Studi ini mengarah pada penciptaan ‘database’ terbesar dan paling komprehensif mengenai bakteri usus yang berhubungan dengan kesehatan manusia,” ungkapnya.

Baca Juga : 5 Mutasi Gen Teraneh yang Terjadi pada Manusia

Ia menambahkan, database tersebut seperti potongan kotak untuk melengkapi teka-teki mengenai bakteri di usus manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, bakteri pada usus kita, semakin diperhatikan dan tak diabaikan lagi. Mereka dianggap memegang peranan penting pada kesehatan manusia. Beberapa penelitian menyatakan bahwa bakteri usus berpengaruh pada kesehatan mental dan penyakit neurodegeneratif.