Benarkah Orang Cerdas Senang Tidur Lebih Larut? Ini Kata Peneliti

By Gregorius Bhisma Adinaya, Sabtu, 16 Februari 2019 | 11:00 WIB
Peneliti menemukan bahwa orang yang senang tidur larut cenderung lebih cerdas. (shironosov/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Seorang teman bercerita bahwa ia hanya bisa merasa mengantuk ketika hari beranjak berganti. Ia bahkan tidak dapat menemukan penyebab kebiasaan tidur larut yang ia alami.

Cerita ini kemudian mengingatkan saya mengenai sebuah keyakinan bahwa orang-orang yang senang tidur malam adalah orang yang cerdas. Setidaknya itu lah yang dikatakan oleh peneliti asal Inggris dalam sebuah penelitian berjudul Why Nights Owl are More Intelligent.

Peneliti menemukan kaitan antara orang yang menikmati gaya hidup nokturnal dengan kecerdasan.

Baca Juga : ‘Black Panther’ Langka Ditemukan di Afrika Pertama Kalinya Sejak 100 Tahun

Melansir Science Direct, Kamis (14/2/2019), studi ini mengungkapkan bahwa mereka yang terjaga hingga larut cenderung lebih cerdas dibandingkan yang pergi tidur lebih cepat. Mereka juga menemukan bahwa anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang menjadi orang dewasa cerdas.

Hasil penelitian itu didasarkan pada konsep bahwa orang yang cerdas cenderung mengadopsi nilai-nilai evolusioner, seperti tidur lebih larut.

Pola tidur kita yang dimulai pada malam hari dan berakhir pada pagi hari sebenarnya sudah diwariskan oleh nenek moyang kita. Mengubah pola tidur tersebut, berarti menunjukkan bahwa kita mampu mengadaptasinya menjadi kehidupan modern.

Baca Juga : Mengenal Legenda Santo Valentine, Si 'Pelopor' Hari Kasih Sayang

Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya manfaat dari tidur larut. Studi lain membuktikan bahwa selain memiliki kecerdasan lebih tinggi, seseorang yang senang tidur larut pun cenderung lebih makmur.

Para ahli dari University of Madrid melakukan penelitian terhadap 1.000 orang remaja. Peneliti menemukan bahwa mereka yang memilih tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan yang berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.