Ingin Menurunkan Berat Badan? Konsumsi Saja 5 Jenis Teh Berikut Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:00 WIB
Berbagai jenis daun teh dengan berbagai manfaatnya. (fotosr/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Secangkir teh hangat saat cuaca sedang dingin, atau saat menonton film dapat menjadi teman yang sempurna. Selain itu teh juga dikenal dengan berbagai manfaatnya.

"Pertama kali saya mempelajari manfaat teh untuk menurunkan berat badan adalah ketika ibu saya menjadi korban diabetes. Ibu adalah seorang mantan perawat dari Korea, dan dia mendesak saya untuk mencoba pengobatan timur ketika ilmu pengetahuan barat tidak bisa membantunya,” ungkap Kelly Choi, penulis dan host acara TV Bravo's Master Chef.

Tidak hanya itu, Choi juga melakukan penelitian dan menuangkannya ke dalam sebuah buku berjudul The 7-Day Flat-Belly Tea Cleanse: The Revolutionary New Plan to Melt Up to 10 Pounds of Fat in Just One Week!

Baca Juga : Asal Usul Nama Pempek, Olahan Ikan yang Awalnya Bernama Kelesan

Para panelis yang menjadi subjek penelitian Choi mengalami penurunan berat badan hingga 4,5 kg dalam satu minggu. Choi menambahkan, teh tertentu tidak hanya membantu menghancurkan lemak, tapi juga meningkatkan metabolisme tubu.

Berikut ini adalah jenis-jenis teh yang dapat Anda konsumsi untuk melengkapi usaha penurunan berat badan.

1. Teh hijau sebagai peningkat metabolisme

Sebelum latihan fisik, konsumsi satu cangkir teh hijau untuk mempercepat efek pembakaran lemak.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, para relawan mengombinasikan latihan rutin selama 25 menit dengan 4-5 cangkir teh hijau setiap hari. Rata-rata relawan kehilangan 0,9 kg lebih banyak selama masa penelitian dibandingkan dengan relawan yang hanya berolahrga tanpa minum teh hijau.

2. Teh oolong sebagai penghancur lemak

Selain dapat meningkatkan metabolisme, teh oolong juga sarat akan katekin, senyawa yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghancurkan lemak. Oolong sendiri berasal dari bahasa Mandarin untuk "naga hitam".

Sebuah studi di Tiongkok yang dimuat dalam Journal of Integrative Medicine menemukan bahwa partisipan yang rutin minum teh oolong dapat kehilangan 2,7 kg dalam periode waktu enam minggu.