Mencuci Tangan dengan Sabun Pencuci Piring, Amankah Bagi Kulit Kita?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 19 Februari 2019 | 10:25 WIB
Mencuci tangan dengan sabun pencuci piring. Amankah bagi tubuh? (kazoka30/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi Anda yang sering memasak dan sering berada di dapur, tangan Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai bau ataupun minyak dan bekas makanan. Setidaknya bau dari bawang akan mudah menempel pada tangan.

Sambil membersihkan piring kotor, kita pun seringkali juga mencuci tangan dengan sabun yang sama yang digunakan untuk mencuci piring. Tangan kemudian terbebas dari minyak dan bau yang sebelumnya menempel. Namun pertanyaannya adalah, apakah mencuci tangan dengan sabun cuci piring berbahaya bagi tubuh kita?

Kally Papantoniou, MD., dokter spesialis kulit di New York City mengatakan bahwa hanya karena sabun tersebut diiklankan untuk mencuci piring, bukan berarti sabun ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan tangan Anda.

Baca Juga : Benarkah Kepribadian Akan Berubah Seiring Bertambahnya Umur?

Layaknya menghilangkan minyak dan bakteri pada perangkat makan, mencuci tangan dengan sabun pencuci piring juga dapat menghapus sebagian besar bakteri. Hanya saja, jika hal ini menjadi rutinitas setiap hari, tentu ada risiko lain bagi kulit tangan.

Sabun cuci piring dibuat sedemikian rupa untuk membersihkan minyak dan bau pada peralatan memasak atau makan, sehingga bahan yang digunakan pun lebih “keras” dari sabun cuci tangan biasa. Hal ini dapat menyebabkan minyak alami pada tangan mudah hilang, jelas dr. Papantoniou.

Karena itu, untuk Anda yang memiliki kulit kering atau eksim, Anda harus lebih berhati-hati saat mencuci tangan dengan sabun cuci piring. Bukan tanpa alasan, hal ini dapat memperparah kondisi, seperti kulit terkelupas, kulit gatal, hingga iritasi.

“Untuk Anda yang mengalami masalah kulit, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring maupun sabun cuci tangan berjenis mild yang lebih lembut di tangan,” ucap dr. Papantoniou.

Dengan kata lain, bila Anda tidak mengalami permasalahan kulit kering atau eksim, sesekali mencuci tangan dengan sabun cuci piring bukanlah hal yang masalah, lanjut Dr. Papantoniou.

Baca Juga : 5 Makanan Tinggi Kalori Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Namun, sebaiknya Anda tidak menjadikan sabun cuci piring sebagai pengganti sabun cuci tangan, apalagi sebagai pengganti sabun mandi.

"Menggunakan sabun cuci piring pada seluruh tubuh akan terlalu keras dan dapat dengan cepat mengeringkan kulit, menimbulkan masalah baru pada kulit," masih menurut dr. Papantoniou.