Tujuh Jenis Makanan Sehat yang Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat

By National Geographic Indonesia, Jumat, 22 Februari 2019 | 08:00 WIB
Ada beberapa makanan yang bisa menangkal jerawat. (DragonImages/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Memiliki kulit bersih dan sehat adalah sesuatu yang selalu didambakan banyak orang. Sayangnya, entah karena stres, kelelahan, atau perubahan cuaca, kulit bisa berjerawat. 

Untungnya, ada beberapa makanan yang terbukti ampuh mencegah jerawat muncul. Penasaran apa saja?

1. Alpukat

Alpukat termasuk jenis buah yang banyak digemari karena nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah lezat yang satu ini diketahui kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda.

Tidak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.

Baca Juga : Tidur Nyenyak, Obat Terbaik Melawan Flu dan Kuman Penyakit

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya terkait dengan kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Nah, Anda bisa mendapatkan asupan mineral tersebut dari kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang semuanya baik untuk kesehatan kulit Anda.

3. Buah anggur merah

Buah dan biji anggur merah kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang telah terbukti bisa membantu mengobati kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Tidak hanya itu, buah anggur merah pun juga dikenal dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

4. Nasi merah

Nasi merah kaya akan sumber vitamin B, magnesium, protein, dan beberapa antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Terutama kandungan vitamin B dalam beras merahyang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Makanan dengan vitamin B mampu mengurangi stres kulit dengan membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya jerawat.