Berkat Misi NASA, Kita Dapat Mengetahui Cuaca di Mars Setiap Harinya

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 22 Februari 2019 | 08:30 WIB
Ilustrasi planet Mars dengan Bulan dan Bumi sebagai latar belakang. (Pitris/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Jika Anda merasa cuaca di Bumi sangat dingin akhir-akhir ini, tapi itu tidak apa-apang dibanding suhu di Mars. Ya, berkat wahana luar angkasa milik NASA yang sedang berada di Mars, sekarang kita dapat mengetahui ramalan cuaca di Planet Merah tersebut setiap harinya.

Data terbarunya menunjukkan bahwa rata-rata suhu di sana sekitar -82°F atau -63°C.

Baca Juga : 'Mawar-mawar' nan Menawan Melayang Penghuni Antariksa

Ramalan cuaca di Mars ini merupakan bagian dari misi Insight (Interior Exploration Using Seismic Investigations, Geodesy, and Heat Transport) yang bertugas ‘mengecek keadaan’ planet itu setelah terbentuk 4,5 miliar tahun lalu.

Berada di dataran yang rata dan halus dekat khatulistiwa Mars–biasa dikenal dengan nama Elysium Planitia–robot antariksa akan mengukur suhu, angin, dan tekanan udara Mars.

“Wahana luar angkasa Insight saat ini sedang berada di dekat khatulistiwa Mars, jadi ia menghadapi musim dingin planet tersebut,” kata Don Banfield, pemimpin misi Insight.

Belahan bumi utara mars juga sedang berada di tengah-tengah musim dingin yang berangin.

Pendarat Insight di permukaan Mars. (NASA)

“Karena pendarat dekat dengan garis khatulistiwa, saya rasa kita tidak akan melihat bukti adanya badai di 60° lintang utara. Namun, kami sudah melihat bukti gelombang sinyal bertekanan tinggi dan rendah yang menandai cuaca di Mars,” paparnya.

“Kami dapat melihat gelombang-gelombang itu di dekat khatulistiwa karena polanya cukup besar. Sangat mengejutkan,” imbuhnya.

Baca Juga : Empat Fakta Menarik di Balik Misi Pendaratan Bulan Apollo 16

Suhu rata-rata terdingin diketahui sekitar -139°F atau -95°C pada pukul 5 pagi waktu Mars. Sama seperti di Bumi, ketika Matahari menyinari permukaan Mars, maka suhunya akan menghangat sebanyak 23°F atau -5°C.

Selain menyediakan ramalan cuaca, Insight juga merekam aktivitas tektonik dan hantaman meteorit secara real time. Ia pun memantau kerak, mantel, dan inti planet Mars.

Berikut tautan yang bisa Anda kunjungi jika ingin mengetahui prakiraan cuaca di planet Mars.