Nationalgeographic.co.id - Perusahaan-perusahaan teknologi telah menerima hantaman pemberitaan tentang betapa buruknya mereka dalam melindungi informasi personal penggunanya. Laporan mendalam New York Times, misalnya, mengungkap kemampuan aplikasi ponsel pintar untuk melacak lokasi penggunanya. Beberapa perusahaan, terutama Apple, mulai mempromosikan bahwa mereka menjual produk dan layanan yang melindungi privasi pengguna.
Pengguna ponsel pintar tidak pernah secara eksplisit ditanya jika mereka ingin dilacak setiap harinya. Namun perusahaan seluler, pembuat ponsel pintar, pengembang aplikasi, dan perusahaan media sosial mengklaim mereka telah mendapatkan izin pengguna untuk melakukan pengawasan pribadi (hampir) secara terus-menerus.
Baca Juga : Misteri Raja Tutankhamun, Teka-teki Kematian dan Kisah Hidup yang Terhapus
Masalah mendasarnya adalah kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana teknis pelacakan yang dilakukan perusahaan teknologi.. Perusahaan teknologi pun tidak membantu mengajari penggunanya tentang hal itu. Bahkan, mereka dengan sengaja menutupi detail penting demi keuntungan ekonomi senilai triliunan dolar berdasar metode mendapatkan persetujuan yang dipertanyakan etikanya.
Bagaimana konsumen dibuat setuju
Kebanyakan perusahaan mengungkapkan cara mereka melindungi konsumennya melalui kebijakan mereka tentang privasi; banyak perangkat lunak yang mengharuskan penggunanya untuk mengklik tombol yang menyebutkan bahwa mereka setuju dengan syarat-syarat yang ada sebelum menggunakan programnya.
Namun, orang tidak selalu punya pilihan. Yang ada malah mereka dipaksa untuk memberikan persetujuan karena konsumen hanya bisa memakai layanannya jika mereka setuju.
Jika ada seseorang yang benar-benar ingin memahami isi kebijakan-kebijakan tersebut, dia akan menemukan rinciannya di dalam dokumen hukum yang panjang yang hampir tak seorang pun, kecuali para pengacara yang membuatnya, dapat mengerti maksudnya.
Seringkali kebijakan ini diawali dengan pernyataan “gombal” seperti “privasi Anda penting bagi kami.” Walau begitu, syarat sebenarnya menunjukkan kenyataan yang berbeda. Tidak jarang kenyataannya perusahaan tersebut dapat melakukan apapun seenaknya dengan informasi pribadi Anda, selama mereka telah memberitahu Anda sebelumnya.
Hukum federal Amerika Serikat tidak mengharuskan kebijakan privasi sebuah perusahaan untuk benar-benar melindungi privasi penggunnya. Perusahaan juga tidak diharuskan memberitahukan konsumen terkait praktiknya dengan bahasa yang jelas dan dan bukan bahasa hukum atau memberitahu konsumen dengan cara yang mudah dimengerti .
Teorinya, pengguna mungkin bisa dapat memilih dan menemukan layanan dari perusahaan dengan praktik privasi data yang lebih baik. Namun, persetujuan yang tidak memberikan pilihan sama sekali kepada konsumen untuk memilih teknologi yang lebih canggih membatasi kekuatan kompetisi di hampir seluruh industri teknologi.