Main Smartphone Saat Makan Bisa Menambah Berat Badan, Mengapa?

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 1 Maret 2019 | 08:00 WIB
Menggunakan handphone saat makan malam membuat kita tidak sadar dengan jumlah makanan yang sudah dilahap. (bowie15/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Jika iya, maka kurangilah main handphone saat sedang makan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Physiology and Behaviour menemukan fakta bahwa orang-orang yang makan sambil menatap layar ponsel pintar, mengonsumsi kalori lebih banyak dibanding yang tidak.

Baca Juga : Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Lima Bahan Makanan Ini

Sebagai bagian dari studi. Ada 62 partisipan berusia 18 hingga 28 tahun yang terlibat. Mereka disajikan berbagai jenis makanan, mulai dari yang sehat seperti buah-buahan, hingga junk food, soda, dan makanan manis.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang saat makan malam masih memainkan handphone, melahap 535 kalori lebih banyak, dibanding partisipan lain yang tidak mengoperasikan ponsel pintarnya.

Pengguna ponsel tersebut juga mengonsumsi makanan berlemak, 10% lebih banyak.

Baca Juga : Dari Anak-anak Hingga Manula, Ini Rekomendasi Olahraga Sesuai Usia

“Tablet dan smartphone telah menjadi ‘pengganggu’ utama saat jam makan, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Oleh sebab itu, penting untuk fokus kepada makanan, karena itu akan memengaruhi pola dan asupan makanan kita,” papar Márcio Gilberto Zangeronimo, pemimpin penelitian dari Federal University of Lavras.

“Bermain handphone saat makan malam mencegah otak untuk memahami seberapa banyak makanan yang sudah kita lahap,” imbuhnya.