Manfaat Campuran Tepung Kelapa Pada Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes

By Nathania Kinanti, Kamis, 7 Maret 2019 | 07:30 WIB
Kandungan gula yang tinggi pada nasi putih menyebabkan dia menjadi musuh bagi penderita diabetes. (Arndt_Vladimir/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi penderita diabetes, nasi putih kerap dianggap sebagai musuh karena kandungan gulanya yang tinggi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan tepung kelapa.

Dilansir dari Hellosehat.com, menambahkan enam hingga tujuh sendok makan pada kurang lebih 180 gram nasi putih dapat menurunkan indeks glikemik dalam nasi.

Baca Juga : 10 Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Liburan di Bali Saat Nyepi

Indeks glikemik merupakan ukuran yang digunakan untuk menghitung seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh.

Skor penilaian indeks glikemik dihitung dari 0-100. Makanan dengan skor lebih dari 70 masuk dalam kategori tinggi, 56-69 masuk kategori sedang, dan dibawah 55 masuk kategori rendah.

Skor indeks glikemik pada nasi putih biasa adalah 75, tetapi skor tersebut akan turun menjadi 49 ketika nasi dimasak dengan tepung kelapa.

Mengapa? Menurunnya indeks glikemik ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dalam tepung kelapa.

Baca Juga : New Delhi, Ibu Kota Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia

Serat tepung kelapa diketahui 14 kali lebih banyak daripada tepung biasa. Ia mampu memperlambat penyerapan glukosa dari nasi putih di dalam tubuh sehingga gula darah tidak tiba-tiba naik drastis.

Selain menurunkan kadar gula darah dalam nasi, tepung kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menjaga metabolisme tubuh, serta membantu kesehatan pencernaan.