Superbloom, Ketika Gurun Kering Dipenuhi Bunga-Bunga Bermekaran

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 11 Maret 2019 | 12:43 WIB
Superbloom yang terjadi di California. (Twitter @mamavalkyrie1)

Nationalgeographic.co.id – Sisi bukit berdebu di gurun Anza-Borrego, California Selatan, tiba-tiba dipenuhi warna.

Setelah musim dingin berakhir dan cuaca hangat mulai muncul, sebagian besar wilayah gurun tersebut kini dipenuhi bunga-bunga bermekaran berwarna kuning dan ungu.

Baca Juga : Penjelajah Temukan Jalur Misterius di Dasar Great Blue Hole Belize

Fenomena superbloom ini sebenarnya sudah dimulai sejak Desember lalu–dengan mekarnya bunga lili gurun putih. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, jumlahnya semakin beragam dan menakjubkan. Ada bunga monyet bigelow berwarna merah muda, bunga poppy, verbena psir ungu, dan primrose kuning.

Bibit bunga-bunga liar kerap memiliki lapisan tebal sehingga dapat berbaring di tanah gurun selama bertahun-tahun. Dan mereka dapat tumbuh ketika kombinasi air dan suhu berada dalam kondisi tepat.

“Saat superbloom, kita bahkan bisa menemukan beberapa jenis bunga yang dikira sudah punah,” kata Richard Minnich, profesor ilmu bumi dari University of California.

Bersama dengan warna-warna indah dari bunga ini, superbloom juga akan membawa ‘tamu’ lain ke gurun: yaitu kupu-kupu. Pada gilirannya, hewan ini akan menciptakan ulat yang memakan bunga-bunga sehingga siklusnya terus berlanjut.

“Siklus kehidupan, itulah keindahan dari superbloom gurun,” ujar pihak Anza-Borrego Desert State Park Natural History Association.

Biasanya, kita melihat superbloom setiap sepuluh tahun sekali. Namun bagaimana pun juga, ini kedua kalinya sudut California Selatan dipenuhi bunga-bunga bermekaran–yang terakhir terjadi pada 2017.

Meskipun menampilkan pemandangan yang indah, tapi bukan hal biasa menyaksikan dua superbloom dalam dua tahun. Penyebab utama fenomena langka ini kemungkinan karena awal musim dingin yang berhujan dan akhir musim dingin yang hangat.

Baca Juga : 9 Ancaman Terbesar yang Dihadapi Laut dan Isinya Akibat Ulah Manusia

Dalam beberapa minggu ke depan, berdasarkan prakiraan cuaca, gurun di California sepertinya akan semakin lebih cerah dengan bunga-bunga mekar.

“Gurun ini akan lebih cantik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dulu, superbloom hanya terjadi di titik-titik tertentu. Namun, tahun ini, terlihat bahwa 50 mil bagian gurun akan dipenuhi bunga mekar,” papr Mike McElhatton, direktur program pendidikan di Anza-Borrego Desert State Park Natural History Association.