140 Kerangka Ditemukan, Bukti Ritual Pengorbanan Anak-anak Terbesar di Dunia

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 19 Maret 2019 | 13:50 WIB
Kerangka anak-anak yang ditemukan di Peru. (John Verano via Newsweek)

Nationalgeographic.co.id – Apa yang dipercaya sebagai bukti ritual pengorbanan anak terbesar, telah ditemukan di Peru. Ada 140 kerangka yang berhasil digali di situs arkeologi Huanchaquito-Las Llamas yang pernah menjadi lokasi pengorbanan massal sekitar tahun 1450 A.D.

Selain kerangka anak-anak, ditemukan juga tulang 200 llama. Para peneliti kini sedang berusaha mengetahui apa penyebab ritual ekstrem nan bengis tersebut.

Sejak 2011, para arkeolog yang bekerja di sana telah menemukan kerangka manusia yang terkubur di area seluas 7.535 kaki persegi. Analisis lebih lanjut kemudian mengungkapkan bahwa kerangka tersebut kebanyakan milik anak-anak. Llama yang disembelih juga masih berumur muda.

Pada saat itu, John Verano, profesor antropologi di Tulane University yang meneliti situs tersebut, mengatakan: “Saya tidak pernah mengira akan menemukan ritual pembunuhan yang sangat sistematis seperti ini.”

Baca Juga : Manusia Prasejarah Bunuh Anjing Mereka Agar Bisa Bersama di Akhirat

Verano, bersama dengan Gabriel Prieto dari National University of Trujillo, saat ini telah mempublikasikan penemuan ilmiah mereka dalam jurnal PLOS One. Kepada Newsweek, Prieto mengatakan bahwa ritual ini berlangsung dalam periode waktu yang singkat–mungkin hanya satu hingga lima hari.

Ia menambahkan, bukti anatomi dan genetika menunjukkan kerangka itu milik anak-anak berusia lima hingga 14 tahun. Terdapat tanda luka potong di sepanjang tulang dada dan tulang iga–menunjukkan bahwa dada mereka telah dibelah dan hatinya diambil sebagai bagian dari ritual pengorbanan.

Anak-anak ini berasal dari kelompok agama dan etnis yang berbeda. Namun, alasan mengapa mereka dipilih masih belum diketahui. Yang pasti, semuanya berada dalam kondisi yang sangat sehat.

Ritual pengorbanan

Pengorbanan–baik yang dilakukan pada manusia atau hewan–ditemukan pada beragam sejarah dan budaya. Seringkali, itu merupakan bagian dari ritual pemakaman atau spiritual.

Dalam budaya pra-Columbus, pengorbanan anak didokumentasikan dengan baik. Suku Inca misalnya, mengorbankan anak-anak saat atau sesudah peristiwa penting.

Bukti pengorbanan anak juga ditemukan di peradaban Maya, Aztec, dan Teotihuavan. Pada 2016, para peneliti mengumumkan bahwa sebuah gua di Belize–yang dijuluki Midnight Terror Cave–menjadi lokasi di mana anak-anak dibunuh dalam ritual untuk menenangkan dewa hujan Chaac.