Memiliki Kulit Kasar dan Keras, Ikan Raksasa yang Terdampar Ini Dikira Potongan Kayu

By Nathania Kinanti, Jumat, 22 Maret 2019 | 07:00 WIB
Ikan Mola Mola yang terdampar di pantai Australia (Linette Grzelak/ via Live Science)

Nationalgeographic.co.id - Sekelompok warga Australia menemukan ikan raksasa yang terdampar di pinggir sungai.

Awalnya mereka mengira bahwa ikan ini adalah potongan kayu. Namun, ternyata itu adalah mola mola atau yang juga dikenal sebagai ikan matahari.

Baca Juga : Ekawatiningsih Menjaga Rumah Kuna dan Warisan Batik Tiga Negeri Lasem

Ikan ini ditemukan tepatnya di sungai Murray dan terlihat oleh Steven Jones, seorang pengawas kru nelayan penangkap kerang, dan rekannya Hunter Church saat sedang bekerja di sekitar sungai.

Saat ditemukan, mola mola ini sudah dalam keadaan mati. Ia diduga mati secara alamiah karena tidak ditemukan adanya tanda-tanda luka. 

Ikan tersebut kini telah tersapu kembali ke laut sebelum sempat diselamatkan oleh orang yang menemukannya. Hal ini dikarenakan mereka sedang bekerja ketika mereka melihat mola mola. Selain itu, warga juga tidak dapat memanggil bantuan akibat buruknya sinyal di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga : Ojek Makanan Balita, Cara Mulia Atasi Masalah Kekurangan Gizi

Mola mola memiliki mata khas yang lebar seakan ia sedang terkejut. Dan sirip yang panjang di bagian atas tubuhnya membuat dia sering dikira sebagai ikan hiu.

Panjang mola mola bisa mencapai tiga meter dan beratnya 2,5 ton. Ia memiliki kulit yang kasar dan keras seperti badak.

Meski memiliki tubuh besar dan sirip seperti hiu, ikan ini tidak memangsa manusia. Mereka memangsa binatang yang kecil dan lunak seperti ubur-ubur dan zooplankton.