Pertimbangkan Beberapa Hal Ini untuk Bertahan Hidup, Bila Perang Nuklir Terjadi

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 21 Maret 2019 | 12:49 WIB
Ledakan bom nuklir di lautan. (RomoloTavani/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Topik mengenai nuklir seakan tidak ada habisnya. Terutama sejak adanya wacana denuklirisasi di semenanjung Korea Utara, antara Korea Utara dengan Amerika Serikat.

Dua kali pertemuan yang melibatkan masing-masing kepala negara pun belum membuahkan hasil. Beberapa laporan media asing bahkan pernah menuliskan bahwa Korea Utara masih belum menghentikan program nuklir mereka.

Sebagai buntut dari hal ini, pembicaraan mengenai senjata nuklir pun otomatis ikut terangkat. Tidak heran bila kemudian juga berimbas pada pembahasan mengenai perang nuklir. Apakah dunia akan kiamat ketika perang nuklir terjadi? Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika hal tersebut terjadi?

Baca Juga : Kisah Suku Nenet yang Hidup Di Tepi Dunia dan Terancam Perubahan Iklim

Mengungsi ke tempat terbaik

Belajar dari perang-perang yang terjadi sebelumnya, hindari beberapa tempat strategis seperti pangkalan militer, pusat-pusat kekuasaan dan politik, fasilitas industri strategis, dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Oleh karena itu, pergilah menuju daerah seperti pedesaan yang tidak menjadi area strategis. Berlindung sebaik mungkin.

Namun sebelum Anda berhasil menuju tempat tersebut, pertimbangkan juga cara yang akan digunakan menuju tempat tersebut. Bila memungkinkan menggunakan kendaraan, pastikan Anda memiliki pasokan bahan bakar yang cukup. Atau pertimbangkan juga jalur yang Anda pilih, untuk menghindari kepadatan lalu-lintas yang terjadi.

Buat ruangan khusus

Bila tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat yang jauh, yang aman dari serangan, cara terbaik hanyalah dengan berlindung sebaik mungkin di dalam rumah. Caranya adalah dengan mempersiapkan ruangan perlindungan.

Ruangan dengan dinding tebal di dalam tanah mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Namun sistem sirkulasi udara lah yang juga harus diperhatikan dengan lebih baik, mengingat udara bisa saja terkontaminasi radiasi.

Menurut beberapa laporan, dampak paling kuat atas radiasi nuklir adalah 48 jam setelah ledakan.