Bukan Hotel, Bangunan Megah dan Mewah Ini Ternyata Stasiun Kereta Bawah Tanah

By Nathania Kinanti, Rabu, 3 April 2019 | 11:00 WIB
Stasiun kereta bawah tanah di Moscow, Russia. (Alamy/ via traveller.com.au)

Nationalgeographic.co.id - Ketika dilihat, tempat ini memberikan kesan mewah dan megah sehingga terkesan seperti hotel atau gedung pertemuan. Namun, ternyata tempat ini adalah sebuah stasiun kereta bawah tanah yang ada di Rusia.

Berlokasi di Moscow, stasiun kereta api ini bernama Komsomolskaya. Stasiun kereta ini berdiri sejak tahun 1935 dan memiliki 13 jalur bawah tanah yang menyambungkan ke 206 stasiun di sekitar kota Rusia.

Baca Juga : Menyenangkan, Menginap Bersama Idola di Museum Madame Tussaud

Di dalamnya terdapat lukisan dinding, tiang marmer, dan lampu gantung yang menciptakan kesan mewah.

Tidak hanya terkenal karena nuansanya yang mewah atau elegan, stasiun kereta bawah tanah ini termasuk ke dalam salah satu stasiun yang sangat bersih dan paling efisien di dunia.

Suasana di stasiun kereta bawah tanah di Moscow. (traveller.com.au)

Menurut pengunjung, berada di dalam stasiun ini membuat mereka merasa seperti mengunjungi museum. Banyak hal yang memberikan kesan mengagumkan bagi para pengunjung yang menggunakan kereta atau hanya sekedar melihat-lihat.

Baca Juga : Kisah Jelajahi Emas Putih yang Tersembunyi di Pucuk Ketinggian Turki

Selain Komsomolskaya, stasiun Taganskaya, Novoslobodskaya dan Kievskaya merupakan stasiun kereta bawah tanah lainnya di Rusia yang terkenal dengan dekorasi kaca patri dan langit berkubah.

Kita juga bisa menemukan banyak mural era soviet karena revolusi dan Lenin merupakan hal yang paling populer kala itu. Dalam sekali perjalanan kereta, mereka cukup mengeluarkan biaya sebesar 55 ruble atau setara dengan Rp 11.900.