Manfaatkan Teknologi Smartphone, Hasilkan Foto dengan Komposisi yang Indah

By National Geographic Indonesia, Senin, 15 April 2019 | 12:01 WIB
Para pengisi acara talkshow Go Wider Go Up. (Adi/Hai Online)

Nationalgeographic.co.id – Sepekan berlangsung setelah Go Wider Go Up Photo Exhibition menampilkan karya 20 finalis dari nusantara yang mengabadikan momen terbaik di kota masing-masing dengan menggunakan keunggulan fitur wide angle pada smartphone vivo V15 sejak 9 April 2019 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Di penghujung acara Go Wider Go Up Photo Exhibition, vivo V15 bersama National Geographic Indonesia menghadirkan talkshow bertajuk smartphone photography bersama Arbain Rambey (Senior Photographer Kompas), Didi Kaspi Kasim (Editor in Chief National Geographic Indonesia) serta Fachryansyah Farandy (General Manager for Digital & Partnership PT Vivo Mobile Indonesia) dan dimoderatori oleh Bayu Dwi Mardana Kusuma selaku Managing Editor National Geographic Indonesia.

“Sekitar 95 juta foto diunggah setiap harinya melalui media sosial dan sebagian foto dihasilkan oleh smartphone. Dalam mengikuti tren tersebut, National Geographic Indonesia bersama vivo V15 ingin menginspirasi bahwa untuk menciptakan keindahan suatu komposisi menggunakan smartphone bukanlah sebuah halangan. Hanya ada di pikirian diri sendiri yang menjadikan itu sebuah halangan,” ujar Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia.

Baca Juga : Smartphone Photography: Ragam Kisah Visual dari Pelosok Indonesia

Pameran fotografi karya pemenang dan finalis lomba foto bertajuk “Go Wider Go Up: Indonesia Bercerita” di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, 9-14 April 2019. (Ricky Martin/National Geographic Indonesia)

Para penggiat fotografi berhasil memadati area Go Wider Go Up Photo Exhibition & Talkshow dengan keingintahuan yang tinggi mengenai bagaimana smartphone photography dapat menghasilkan cerita visual yang dapat memanjakan mata akan keindahannya.

Arbain Rambey, Senior Photographer Kompas menyampaikan: “Setiap smartphone memiliki cara tersendiri dalam menangkap suatu objek. Saat ini, teknologi kamera yang terdapat pada smartphone sudah dapat menyaingi kamera jenis DSLR atau mirrorless. Hasilnya kembali lagi kepada bagaimana kita memanfaatkan teknologi yang ada pada smartphone itu sendiri.”

Para narasumber tidak hanya berbagi kiat menghasilkan foto indah dengan smartphone, tapi juga berbagi cerita mengenai pengalaman memotret menggunakan vivo V15 dalam dalam beberapa penugasannya.

Sebagai smartphone yang digunakan dalam acara Go Wider Go Up, vivo V15 didukung dengan kemampuan kamera yang 32MP Pop-Up Camera dan AI Triple Camera. Tiga kamera belakang pada vivo V15 mampu menangkap hasil jernih dengan 12MP Dual-Pixel Sensor bahkan ketika pencahayaan minim. Selain itu, ditambah dengan 8MP AI Super Wide-Angle dan 5MP Depth Camera.

Baca Juga : Kisah Manusia Indonesia dalam Bingkai Fotografi Ponsel. Yuk, Ikuti Tips Jitunya.

PT Vivo Mobile Indonesia menggambarkan perusahaannya sebagai produsen smartphone yang sangat consumer oriented. “Apa yang kami kembangkan atau dijadikan sebuah inovasi dalam suatu produk bukan sekadar perkembangan teknologi semata, namun juga menyelaraskan dengan tren yang memang sedang dibutuhkan saat ini,” ujar Fachryansyah Farandy, General Manager for Digital & Partnership PT Vivo Mobile Indonesia.

Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia kembali menambahkan di akhir sesi perbicangan: “Dengan adanya teknologi pada smartphone photography saat ini, jangan ragu untuk eksplorasi dalam menangkap momen sebanyak apa pun. Maksimalkan semua fitur yang ada dan cermati hasilnya. Dari hal tersebut kita baru dapat belajar bagaimana menghasilkan karya foto indah dan bermakna.”