Ketika Dua Gorila Ikut Selfie Bersama Penjaga Taman Nasional

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 24 April 2019 | 11:47 WIB
Dua gorila yang ikut selfie bersama petugas taman nasional. (Instagram @virunganationalpark)

Nationalgeographic.co.id – Sepasang gorila ini memasang pose siap difoto ketika teman manusia mereka melakukan selfie.

Dua gorila bernama Ndakazi dan Ndeze yang tinggal di Taman Nasional Virunga, Kongo, menjadi viral ketika seorang penjaga di sana membagikan foto dirinya bersama hewan tersebut pada awal minggu ini.

Keterangan foto yang diunggah pada akun @virunganationalpark menjelaskan bahwa aksi unik itu sungguh nyata. Mereka memaparkan hal ini karena sebelumnya banyak orang yang tidak percaya jika Ndakazi dan Ndeze bisa memberikan pose lucu seperti yang terlihat pada gambar.

Baca Juga : Di Tengah Ancaman Kepunahan, Ini Foto-foto Menakjubkan Satwa Liar di Habitatnya

Lebih lanjut, pihak Taman Nasional Virunga mengatakan pose gorila itu memang sesuai dengan ‘kepribadian’ mereka sehari-hari.

“Gorila-gorila betina ini selalu bersikap tidak tahu malu. Jadi, foto tersebut merupakan deskripsi tepat untuk menggambarkan kepribadian mereka,” katanya.

Foto selfie gorila dengan petugas taman nasional ini pun berhasil mendapatkan hampir 50 ribu likes di Instagram.

Baca Juga : Kesalahan Fatal, Penjaga Kebun Binatang Diserang Harimau Sumatra

Baik Ndakazi dan Ndeze tinggal di Senkwekwe Center, rumah perlindungan bagi mamalia yang sudah menjadi yatim piatu sejak bayi. Senkwekwe sendiri merupakan salah satu situs UNESCO World Heritage dan kini memiliki 22 gorila.

(Facebook/The Elite AntiPoachers Units and Combat Trackers)

Innocent Mburanumwe, Wakil Direktur Taman Nasional Virunga, mengatakan, sepertinya hewan-hewan itu telah belajar meniru kegiatan fisik penjaga mereka.

Karena sudah kehilangan induknya sejak bayi, penjaga di taman nasional sudah seperti orangtua mereka sendiri.

Namun, meski gorila terkadang memiliki 'waktu bebas' dan dilepas seperti ini, ada kalanya para petugas dilarang untuk mendekati mereka dengan alasan keamanan dan keselamatan.