Ternyata Banyak Buah yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 29 April 2019 | 14:05 WIB
Jeruk siap panen masih menggantung pada pohonnya. (amoklv/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Buah apa yang mengandung vitamin C tertinggi? Jika jawaban Anda adalah jeruk, Anda sama seperti kebanyakan orang. Ya, jeruk memang mengandung vitamin C dengan jumlah 59-83, tapi ada juga buah lain yang memiliki kandungan sepertinya. 

Berikut kami kumpulkan buah-buahan selain jeruk yang mengandung vitamin dengan fungsi perbaikan sel-sel tulang, gigi, kulit, dan pertumbuhan tersebut.

1. Jambu biji

Jeruk siap panen masih menggantung pada pohonnya. (amoklv/Getty Images/iStockphoto)

Buah ini sebenarnya mengandung vitamin C paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg. Bila dibandingkan dengan jeruk yang mengandung 59-83 mg vitamic C, jambu biji tentu lebih unggul lebih dari dua kali lipat.

Keunggulan jambu biji terhadap jeruk tidak hanya pada kandungan vitamin C, tetapi juga kandungan seratnya.

Baca juga: Sering Dibuang, Bagian-bagian Buah dan Sayur Ini Justru Banyak Manfaatnya

2. Pepaya

Jeruk siap panen masih menggantung pada pohonnya. (amoklv/Getty Images/iStockphoto)

Dalam setengah buah pepaya terkandung sekitar 94 mg vitamin C. Seperti jambu biji, tidak hanya kandungan vitamin C, pepaya juga masih lebih unggul dibandingkan dengan jeruk dalam jumlah seratnya.

Pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks (asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Dengan kandungan tersebut lah pepaya dapat bermanfaat dalam memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata, menjaga metabolisme tubuh, hingga mengontrol tekanan darah.

Nah, buah yang dianggap sebagai makanan burung ini ternyata memiliki segudang manfaat kan?