Selundupkan Sisik Trenggiling, Dua Warga Tiongkok ini Ditahan

By Nathania Kinanti, Kamis, 2 Mei 2019 | 10:02 WIB
Trenggiling. (2630ben/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Dua warga negara Tiongkok berinisial PF dan XY terpaksa ditahan oleh Petugas Aviation Security (Avsec) di Bandara Internasional Kualanamu. Pasalnya, mereka diketahui melakukan penyelundupan puluhan sisik trenggiling (Manis javanica). Aksi ini diketahui saat mereka melintasi pemeriksaan barang bawaan (X-ray).

Rencananya mereka akan menaiki pesawat Air Asia tujuan Kualanamu-Guangzhou, dengan transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur, Malaysia. Melalui hasil pindai X-ray, mereka diketahui telah menyembunyikan 44 keping sisik trenggiling.

Baca Juga : Paus Misterius dengan Tali Kekang Ditemukan, Senjata Rahasia Rusia?

Tidak hanya itu, petugas juga menemukan adanya teripang seberat 2,2 kilogram yang sudah mati dan dikeringkan. Sisik trenggiling ini diselundupkan pada barang bawaan seperti dompet, bantal, hingga kaos kaki.

PF dan XY akhirnya langsung diserahkan petugas ke penyidik Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup (PamGakkum KLHK) wilayah Sumatra.

Hermanto Sialagan, Koordinator Penyidikan Seksi Wilayah I Balai PamGakkum KLHK, mengatakan bahwa pelaku masih dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga : Mengenang Bencana Chernobyl, Insiden Nuklir Terburuk di Dunia

Dilansir dari Mongabay Indonesia, sisik trenggiling dan teripang itu diakui didapatkan pelaku sebagai oleh-oleh warga sekitar karena kontrak kerja mereka habis. Sebelumnya mereka sempat bekerja di daerah Humbang Hasundutan sebagai tenaga kerja asing.

Namun, karena bukti penyelundupan cukup kuat, pelaku kini ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda Sumatera Utara.