Tak Gunakan Peluru Tajam: Kenali Verney-Carron, Pelontar Gas Air Mata yang Jadi Andalan Polisi

By , Rabu, 22 Mei 2019 | 15:09 WIB
Petugas menembakan gas air mata saat membubarkan massa yang masih bertahan di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Nationalgeographic.co.id - Dalam meredam aksi unjuk rasa dan massa yang melemparkan batu, bom molotov dan kembang api ke arah aparat, polisi mengggunakan beberapa tembakan gas air mata.

Cara ini dilakukan sebagai peringatan polisi atas petasan dan beberapa bom molotov yang dilemparkan kepada mereka.

Dilansir dari Angkasa.co.id pada tahun 2016 silam, dalam berbagai penangan aksi demonstrasi, para personil Kepolisian RI menjalankan tindakan sesuai protap.

Di mana setelah barikade dan water cannon tidak berdampak dalam menenangkan massa, maka untuk pertahanan terakhir, terpaksa dilakukan penembakkan gas air mata untuk membubarkan para pendemo yang mulai bertindak anarkis.

Baca Juga: Bom Molotov Digunakan dalam Unjuk Rasa, Yuk Kita Ketahui Sejarahnya

Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Kepolisian RI memiliki beragam pelontar gas air mata dari berbagai negara.

Namun salah satu yang populasinya cukup besar adalah pelontar gas air mata/pelumpuh Verney Carron buatan Perancis.

Produk peluncur buatan Verney Carron ini mengandalkan ‘peluru’ dengan selongsong kaliber 44mm, lebih besar dari peluru asap atau gas air mata dari pelontar gas air mata merk lain yang mengandalkan peluru kaliber 38mm.

Pemilihan kaliber 44mm juga memungkinkan penggunaan isian lebih banyak sehingga area cakupan agen gas air mata pada area yang lebih luas.

Baca Juga: Was-was dengan Aksi Unjuk Rasa 22 Mei? Pantau Kondisinya Lewat CCTV

Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)