Gerakan #SayonaraKantongPlastik Jaga Destinasi Wisata Bersih dari Sampah Plastik

By National Geographic Indonesia, Senin, 27 Mei 2019 | 18:58 WIB
Kantong plastik. (Editor)

 

Nationalgeographic.co.id— Sebagai bentuk perhatian terhadap kelestarian lingkungan dan upaya menjaga destinasi wisata dari pencemaran sampah plastik, H.I.S. Travel Indonesia bekerjasama dengan Lawson Indonesia dan Club Med resort mengajak masyarakat mengurangi volume sampah plastik. Aksi ini dimulai dari kegiatan sederhana yaitu dengan tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja.

“Sebagai perusahaan yang berkecimpung di sektor pariwisata, kami turut prihatin melihat meningkatnya volume sampah plastik yang mengotori pantai hingga hanyut ke laut ,” ujar Taichi Matsui, Outbound Director H.I.S. Travel Indonesia.

Kondisi ini jika dibiarkan terus akan berdampak tidak saja pada menurunnya kualitas lingkungan tetapi juga pariwisata. “Mata rantai dari dampak negatif akibat pencemaran sampah plastik adalah menurunnya jumlah kunjungan wisatawan terhadap sebuah destinasi wisata kemudian akan berdampak pada penurunan pendapatan penduduk lokal maupun pemasukan daerah,” tambahnya.

“H.I.S. Travel siap memainkan peran aktif dan berada di garis terdepan dalam menjaga lingkungan global,” imbuhnya lagi. Sebagaimana tercantum dalam H.I.S. Charter of Corporate Principle Nomor 6 yang berbunyi Preserve the Global Environment, H.I.S. wajib mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan, yang berarti turut serta menjaga kualitas atau nilai sebuah objek wisata.

Baca juga: Ke Mana Perginya Sampah Plastik dari Negara-negara Maju dan Industri?