Terhalang Cangkang Keras, Simpanse Kerap Memukul Kura-kura Sebelum Memakannya

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 28 Mei 2019 | 13:36 WIB
Simpanse di Taman Nasional Loango terlihat sedang memakan kura-kura. (Erwan Theleste)

Nationalgeographic.co.id – Simpanse liar telah diamati kerap menghancurkan, memukul, dan menyembunyikan kura-kura untuk dimakan.

Dipublikasikan pada jurnal Scientific Reports, para peneliti di Taman Nasional Loango, Gabon, mengatakan bahwa penemuan terbaru mereka ini menjelaskan perilaku dan pola makan yang dapat menginformasikan bagaimana manusia purba berevolusi.

Baca Juga: Penemuan Fosil Jamur Berumur Satu Miliar Tahun Ini Bisa Mengubah Teori Evolusi di Darat

Antara 2016 hingga saat ini, terungkap 38 peristiwa yang memperlihatkan bagaimana simpanse memangsa kura-kura. Dalam setiap kesempatan, simpanse jantan dewasa terlihat menangkap kura-kuranya kemudian memukulkannya berkali-kali ke kayu. Terkadang mereka melakukannya sambil berjalan, sebelum memanjat pohon untuk menikmati daging kura-kura.

“Kami telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa simpanse memakan daging dari beragam spesies. Namun, hingga saat ini, konsumsi terhadap reptil belum diamati,” kata Tobias Deschner, ahli primata dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.

“Yang menarik adalah mereka menggunakan teknik perkusi kepada kura-kura–seperti yang biasa dilakukan untuk membuka buah berkulit keras,” tambahnya.

Agar bisa memakan daging kura-kura, mereka harus memiliki keterampilan atau kekuatan untuk memecahkan cangkang kura-kura terlebih dahulu. Sebagian besar simpanse menguasai kemampuan tersebut sejak berusia sembilan atau sepuluh tahun.

Meski begitu, simpanse-simpanse remaja yang tidak berhasil memecahkan cangkang pun tetap akan mendapat daging kura-kura dari rekannya yang kooperatif.

“Terkadang, simpanse muda atau betina tidak dapat memecahkan kura-kuranya sendiri. Mereka secara teratur memberikan tangkapannya kepada simpanse jantan yang lebih kuat untuk membuka tempurung kura-kura, lalu berbagi daging dengan sesamanya,” papar Simone Pika, pemimpin penelitian.

Ada sebuah peristiwa yang sangat melekat di ingatan para peneliti. Seekor simpanse dewasa terlihat memecahkan cangkang dan memakan kura-kura saat duduk di atas pohon. Ia hanya makan setengah, kemudian menyelipkan sisa makanannya ke dahan, turun dari pohon, dan kemudian tertidur.

Keesokan harinya, simpanse tersebut kembali ke pohon yang sama dan memakan sisa daging kura-kura untuk sarapan.

Baca Juga: Studi: Lapisan Es Antartika Menipis Lebih Cepat Dibanding Sebelumnya