Sudah Tahu Guru Fotografi Mendiang Ibu Ani Yudhoyono? Mari Kita Berkenalan Sejenak

By , Senin, 3 Juni 2019 | 14:28 WIB
Ny Ani Yudhoyono menjelaskan makna foto kepada hadirin saat berlangsungnya pameran foto yang masih berkaitan dengan acara peluncuran buku “Selaras Warna Harmony – Sebuah Perjalanan Fotografi Ani Yudhoyono di Galeri Nasional, Jakarta, Jumat (28/10/2011) malam. (Kompas/Alif Ichwan)

 

Nationalgeographic.co.id - Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono adalah Istri Presiden Republik Indonesia ke-6 yang dikenal memiliki perhatian khusus terhadap perempuan dan anak-anak. Sejak Februari lalu, kondisi fisik Ani Yudhoyono tidak stabil. Ia tengah bergulat melawan penyakit kanker darah. Kini, pengabdiannya telah berakhir. Selamat jalan Ibu Ani.

Pada saat masih menjabat sebagai Ibu Negara, beberapa waktu lalu, Ibu Ani Yudhoyono terus menjalankan hobi fotografi

Bahkan, Ibu Negara Ani Yudhoyono telah meluncurkan buku fotografi yang berisikan foto-foto hasil jepretannya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011.

Baca Juga: Ibu Ani Yudhoyono dalam Kenangan, Luncurkan Buku dan Gelar Pameran Karya Foto pada 2011

Salah satu hasil foto bunga yang diabadikan Ani Yudhoyono (instagram.com/aniyudhoyono)

Ketika itu, Foto-foto di dalam buku tersebut diambil dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, selama Ibu Ani mendampingi suaminya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ke hampir semua provinsi di Indonesia dan berbagai negara di lima benua yang menurutnya telah membuka matanya untuk melihat realitas kehidupan yang dihadapi saat ini. Tak ketinggalan, foto keluarga juga menjadi "warna" yang wajib ada di buku ini.

Lantas, sempat terbersit di benak siapakah yang  menjadi guru fotografi mendiang Ibu Ani Yudhoyono?

Seperti dilansir oleh Republika pada 17 Oktober 2014, Anung Anindito berkisah bagaimana ia memberikan saran dan masukan bagi mendiang Ibu Ani Yudhoyono tentang teknik fotografi.

Baca Juga: Lihat Kumpulan Foto Keseharian, Ibu Ani Yudhoyono dalam Kenangan Visual Jurnalis

Ani Yudhoyono (Instagram/ @aniyudhoyono)

Dalam sejumlah kesempatan menyertai kegiatan kepresidenan, Anung kerap memberi saran kepada Ibu Ani yang mulai hobi menjepret beberapa tahun terakhir.