Kenali Panda, yang Menjadi Satwa Diplomatik Cina Kepada Rusia

By , Jumat, 7 Juni 2019 | 16:12 WIB
Di Bifengxia Panda Base, para penjaga mengawasi setiap kegiatan beruang. Salah satunya adalah proses (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Cina kembali unjuk gigi. Di tengah ketegangan hubungan diplomatik lewat perang dagang dengan Amerika Serikat, Cina mengintensifkan komunikasi pada Rusia.

Komunikasi geopolitik itu ditandai dengan kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Rusia, yang diterima dengan hangat oleh Presiden Vladimir Putin.

Dalam kunjungan itu, Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan memberikan hadiah berupa dua ekor panda kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Moskwa.

Baca Juga: Langka, Panda Albino dengan Semua Bulu Berwarna Putih Ditemukan di Tiongkok

Panda suka memanjat pohon. (Hung_Chung_Chih/iStockphoto)

Dilaporkan Reuters via Channel News Asia Kamis (6/6/2019), dua ekor panda itu disebut Putin merupakan gestur kepercayaan yang dalam dan rasa hormat dua negara.

Dua panda itu, Ru Yi dan Ding Ding, seperti dilansir oleh Kompas.com, diperkenalkan setelah Xi menginjakkan kaki di Moskwa dan memuji Putin sebagai "sahabat karib" dalam konterensi pers. Panda yang terlihat tengah mengunyah bambu ketika Xi dan Putin tiba di Kebun Binatang Moskwa bakal hidup di penangkaran khusus, dan dipinjamkan selama 15 tahun sebagai bagian proyek penelitian bersama.

Baca Juga: Tiongkok Bangun 'Ibu Kota Panda' yang Lebih Luas dari Disneyland

Cai Tao, panda asal Tiongkok yang kini berada di Taman Safari Indonesia. (Erlangga Djumena/Kompas.com)

Kunjungan Xi yang nantinya bakal berdurasi selama tiga hari terjadi setelah Cina dan Rusia mengalami kerenggangan hubungan dengan negara-negara Barat. Rusia misalnya. Mereka menerima sanksi setelah keterlibatan dalam konflik Ukraina 2014. Adapun Cina saat ini terlibat perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

"Dalam enam tahun terakhir, kami sudah bertemu setidaknya 30 kali. Rusia adalah negara yang sering saya kunjungi. Presiden Putin adalah kolega sekaligus sahabat karib saya" terang Xi. Berdiri di samping Xi setelah konferensi pers, Putin mengucapkan terima kasih kepada Cina karena memercayakan panda mereka kepada Negeri "Beruang Merah".

Baca Juga: Menelusuri Jejak Keluarga Panda dari Fosil Berusia 22 Ribu Tahun