Tak Bisa Makan Semua Jenis Sayur? Penuhi Kebutuhannya dengan Brokoli

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 27 Juni 2019 | 14:08 WIB
Brokoli ()

Nationalgeographic.co.id - Ini mungkin bisa jadi kabar baik bagi Anda yang tidak suka makan sayur.

Menurut dr. Rangan Chatterjee, dokter di Inggris dan pengarang buku The Four Pillar Plan, jika tidak bisa mengonsumsi semua jenis sayuran, Anda hanya perlu makan brokoli.

“Brokoli merupakan penyelamat hidup,” tulisnya dalam sebuah artikel di Daily Mail.

Chatterjee mengatakan, sayuran hijau ini meningkatkan jumlah bakteri usus manusia yang baik bagi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan.

“Saat melewati usus kecil, bakteri baik itu membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kemudian, serat dari brokoli yang tidak dapat dicerna, berjalan menuju usus besar – di mana sebagai besar bakteri usus berada. Di sana, mereka berpesta dengan serat dan membut asam lemak rantai pendek,” papar Chattterjee.

Baca Juga: Kolesterol Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Tubuh, Berikut di Antaranya

Brokoli berasal dari keluarga sayuran ‘cruciferous’, yang sama dengan kale, kembang kol, kubis, bok choy, dan lobak. Jenis sayuran ini kaya akan nutrisi dan berkalori rendah.

Keluarga sayuran ‘cruciferous’ terkenal akan kekuatannya melawan kanker. Mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah banyak dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker paru dan usus besar.

Peneliti menemukan fakta bahwa sulforaphane -- senyawa mengandung sulfur yang membuat rasa sayuran ‘cruciferous’ agak pahit – dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC) yang terlibat dalam peningkatan sel kanker.

Baca Juga: Jangan Dipercaya, 5 Mitos Tentang Olahraga Ini Keliru dan Menyesatkan

Asupan vitamin K yang buruk dapat meningkatkan risiko patah tulang. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi brokoli. Diketahui bahwa dalam satu cangkir brokoli cincang terdapat 92 mikrogram vitamin K. Jumlah tersebut cukup untuk kebutuhan harian.  

Selain itu, brokoli juga berkontribusi pada kebutuhan Anda akan kalsium. Terdapat 43 miligram kalsium dalam satu cangkir brokoli.