Bahaya Terlalu Lama Main Gadget: Kram, Kebas dan Kesemutan

By National Geographic Indonesia, Kamis, 18 Juli 2019 | 10:38 WIB
Anak-anak bermain gadget. (SvetaOrlova/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Mungkin kita sering lupa waktu saat menggunakan gawai. Namun, kebiasaan tersebut dapat memberikan dampak negatif.

Tidak hanya kecanduan, terlalu lama bermain gadget atau gawai juga dapat menimbulkan masalah kesehatan fisik. 

Bermain gadget selama beberapa jam sering kali dilakukan dengan kepala menunduk atau sambil tiduran. Bila posisi ini terlalu lama dilakukan, bisa menyebabkan saraf otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku, kram, kebas, dan kesemutan.

Menurut sebuah penelitian dari Korea, kram atau sakit di bagian leher memang bisa disebabkan karena main gadget terlalu lama. Selain kram, posisi tubuh saat main gadget juga dapat membuat otot leher nyeri dan kaku.

Baca Juga: Berat Badan Naik dalam Waktu Singkat, Apa Saja Penyebabnya?

Penelitian tersebut menguji beberapa orang yang sering main game terlalu lama. Hasilnya ditemukan bahwa di 16 menit pertama, para peserta sudah merasakan gejala nyeri kram.

Selain itu, dampak dari main gadget kelaman dapat menyebabkan otot leher terasa nyeri dan postur kepala bisa jadi condong ke depan.

Perubahan ini disebabkan karena layar gadget yang umumnya berukuran kecil. Maka, mau tidak mau Anda pasti harus menunduk ke depan untuk melihat layar handphone dengan jelas. Bila kelamaan, kepala dan leher akan berubah condong ke depan seperti membungkuk.

Sedangkan menurut dr. Tom DiAngelis dari American Physical Therapy Association’s Private Practice Section, main gadget terlalu lama berisiko menimbulkan tekanan berlebihan pada tubuh. Tekanan bisa terasa pada bagian punggung atau tulang belakang, leher, dan jari. Tekanan tersebut bisa menimbulkan kram, tegang, dan kesemutan karena main gadget.

Ketika sedang tidak main game, normalnya tulang belakang Anda menahan posisi kepala seberat 4 kilogram. Nah, saat main gim di mana umumnya posisi kepala condong ke depan, berat kepala yang harus ditahan bisa lebih berat mencapai 13 kilogram. Hal tersebut pastinya memberikan beban berlebih pada tulang belakang Anda.

Tak jarang kram, kebas, dan kesemutan karena main gadget terlalu lama ini dirasakan di bagian punggung, leher, atau bahkan jari tangan yang menopang hp atau tablet.

Bagaimana cara mengatasi kram?