Tak Hanya Menjadi Tanaman Hias, Kaktus Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

By National Geographic Indonesia, Senin, 12 Agustus 2019 | 14:49 WIB
Kaktus jenis Opuntia mampu menyerap etil benzena, p-Xylenes, aseton, benzena, toluena, dan orthoxyl (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Pernahkah tebersit dalam benak Anda untuk makan hidangan dari kaktus? Tumbuhan yang biasa dijadikan tanaman hias ini ternyata bisa dimakan. Makan kaktus jenis tertentu, ternyata bisa membawa beberapa manfaat bagi kesehatan.

Apa sajakah?

Beragam manfaat makan kaktus

Kaktus dapat dimakan mentah atau ditumis bersama bahan pelengkap lainnya. Agar hidangan terasa lebih lezat, tumbuhan kaktus yang digunakan sebaiknya masih muda dan empuk.

Tumbuhan ini memiliki tekstur yang renyah. Rasanya tawar dan padat, dengan sedikit rasa asam segar. Tak hanya nikmat, makan kaktus pun diketahui memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

Baca Juga: Membuat Bahagia dan Produktif, Ini Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Mental

1. Kaya kandungan nutrisi

Seperti bahan makanan pada umumnya, kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kalori.

Manfaat lain dari makan kaktus adalah memberikan tubuh Anda 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4.6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi yang penting untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

2. Memperlancar pencernaan 

Makak kaktus ternyata juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kaktus mengandung banyak serat pangan yang penting bagi proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna.

Asupan serat yang Anda peroleh dari makan kaktus juga merangsang gerak peristaltik (gerakan meremas) pada otot-otot halus di sepanjang usus.

Kondisi ini dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.