Dianggap Sebagai Tanaman Pengganggu, Daun Patikan Kebo Ternyata Punya Banyak Manfaat

By National Geographic Indonesia, Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:50 WIB
Daun patikan kebo. (organicfacts.net)

Nationalgeographic.co.id - Daun patikan kebo atau biasa disebut daun biji kacang merupakan gulma yang dianggap mengganggu dalam dunia pertanian. Padahal, ada segudang manfaat kesehatan dari daun patikan kebo yang tidak pernah Anda sangka. Apa saja keistimewaan dari daun patikan kebo ini?

Apa itu daun patikan kebo? 

Daun patikan kebo (Euphorbia) adalah tanaman herbal yang hampir semua bagiannya memiliki kegunaan.

Namun, saat Anda memetik bagian batang atau daun, Anda akan melihat adanya getah susu yang keluar. Usahakan untuk tidak langsung menyentuhnya karena beracun untuk kulit Anda. 

Tanaman daun patikan kebo ini biasa digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan. Mulai dari asma, bronkitis, dan dada yang terasa sesak. 

Baca Juga: Dampak Polusi Udara Sama Seperti Mengisap Satu Bungkus Rokok Per Hari

Segudang manfaat daun patikan kebo

Menurut penelitian pada tahun 2010 tentang penggunaan Euphorbia sebagai obat tradisional terlihat bahwa tanaman ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat. 

Daun patikan kebo ternyata mengandung natrium, kalium, kalsium, dan litium. Selain itu, tanaman yang sering dianggap gulma mengganggu ini kaya akan vitamin C, fenolik, dan beta-karoten. 

Walaupun terlihat tidak seperti tanaman herbal biasanya, daun patikan kebo memiliki segudang manfaat yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan Anda. 

1. Mengurangi gejala gangguan pernapasan

Salah satu manfaat yang paling sering ditemukan pada daun patikan kebo adalah mengurangi gejala gangguan pernapasan, seperti asma. 

Hal tersebut dikarenakan pada tanaman ini ditemukan kandungan yang mirip dengan obat antiastatik yang memberikan efek rileks terhadap saluran udara (bronkus). Obat antiastatik biasa digunakan untuk membantu mengurangi gejala asma. 

Selain asma, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk sakit tenggorokan, batuk kronis, dan bronkitis.  

2. Menyehatkan kulit

Daun Euphorbia ternyata bisa digunakan untuk membantu mengobati iritasi pada permukaan kulit Anda.