Hutan Amazon Terbakar, Asap Hitam Terlihat dari Luar Angkasa

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 22 Agustus 2019 | 10:12 WIB
Kebakaran di hutan Amazon. (Brazil Photos/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Pada Senin lalu, kota Sao Paulo, Brasil, menjadi gelap. Namun, itu bukan karena peristiwa kosmik, melainkan dari angin kuat yang membawa asap dari hutan Amazon yang terbakar.

Asap telah menyebar dari api yang berkobar di negara bagian Brasil, Rondônia dan Amazonas, kemudian menghitamkan langit di atas kota tersebut selama sekitar satu jam.

"Siang hari terasa seperti malam," kata Gianvitor Dias, salah satu penduduk. 

"Semua orang mengatakan, mendung saja tidak pernah segelap ini. Pasti kebakaran hutannya sangat parah," imbuhnya. 

Baca Juga: 'Hujan Plastik' Terjadi di Salah Satu Pegunungan Tertinggi di Amerika

Bukan hanya penduduk yang merasakan ini, NASA pun menangkap gambar asap hitam dari luar angkasa. Agensi tersebut memposting foto-foto satelit dari beberapa kebakaran hutan Amazon di negara bagian Amazonas, Rondônia, Pará dan Mato Grosso pada 11 dan 13 Agustus tahun ini.

NASA mengatakan, kebakaran jarang terjadi di Amazon karena ia merupakan hutan hujan. Namun, risiko kebakaran memang meningkat pada bulan Juli dan Agustus, seiring berjalannya musim kemarau.  

Negara bagian Amazonas telah mengumumkan keadaan darurat nasional akibat kebakaran hutan yang terjadi. Ia merupakan area keempat di Brasil yang paling terkena dampak musim panas.  

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan, Harimau Sumatera Cemaskan Warga Sekitar Belantara

Kebakaran di Amazon ini meningkatkan kekhawatiran atas nasib hutan hijau tersebut. Sebelumnya, hutan Amazon juga menjadi perhatian karena

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, disebut-sebut telah membahayakan ekosistem dan penduduk lokal di sekitar wilayah tersebut. Ia diduga berpihak pada para penebang, penambang, dan petani yang ingin mengeksploitasi hutan Amazon.