Kiat Memotret Perjalanan Sembari Eksplorasi Kamera OPPO Reno 10x Zoom

By National Geographic Indonesia, Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:22 WIB
Pendar aneka cahaya Tokyo Robot Café yang mampu diabadikan dengan gawai cerdas OPPO Reno 10x Zoom. Perjalanan ke Jepang pada awal Agustus silam ini didukung National Geographic Indonesia dan OPPO Indonesia. (Tito Rikardo)

Nationalgeographic.co.id—Traveling merupakan kegiatan mencetak cerita bagi setiap orang. Saat traveling adalah saat dimana orang berburu momen menarik untuk mencetak sebuah kisah baru melalui jepretan foto. Memotret sebuah momen tidak selalu menggunakan kamera yang besar, saat ini gawai cerdas pun bisa menggantikannya.

Awal Agustus lalu Tito Rikardo, seorang profesional fotografer, mencoba membuktikan hal itu saat perjalanan ke Jepang dalam Japan Mobile Photo Journal. Perjalanan ke Negeri Sakura ini didukung National Geographic Indonesia dan OPPO Indonesia. Tito ditemani gawai cerdas OPPO Reno 10x Zoom telah berhasil berkreasi dengan hasil jepretan fotonya. Berbagai fiturnya disertai angle dan teknik fotografi yang tepat telah menciptakan foto cantik yang bercerita.

Fitur yang tersemat di kamera utamanya adalah 10x Hybrid Zoom yang dilengkapi besaran 48 Megapixel sehingga mampu mengambil gambar beresolusi tinggi ketika memotret dari jarak jauh. Tito telah membuktikannya ketika berada di Tokyo Skytree saat perjalanan ke Jepang.

“Teknologi mobile photography ini membuat saya bisa lebih dekat dengan objek foto, tanpa harus banyak berpindah posisi,” ujarnya saat berada di acara Talkshow Zoom Through Creativity, pada Sabtu 17 Agustus 2019 yang digelar di kawasan Menteng.

Selain Tokyo Skytree, Tito juga memotret foto diberbagai spot cantik dengan beberapa teknik, contohnya ketika ia berada di Asakusa Kannon Temple. Menurutnya, fitur wide-angle yang setara dengan 120 derajat membantunya menghasilkan gambar dengan sudut pandang yang luas dan artistik.

Fitur lainnya yang tersemat dalam kamera ini adalah Dazzle Color Mode. Fitur ini mampu mengubah objek menjadi gambar cantik dengan komposisi warna yang sempurna. Berpindah tempat ke Yokohama Red Brick cerita lain ingin diciptakan oleh Tito. Dengan memadukan berbagai aktivitas warga dan objek pendukung lainnya memotivasi nya bercerita melalui sebuah gambar baru.

“Frame-frame seperti ini sangat menarik bagi saya, berpadunya bangunan klasik, landscape pelabuhan dan aktifitas warga lokal menjadi sumber dari ide komposisi, sekalian cobain fitur Dazzle Color Mode,” ujarnya.

Tidak puas memotret di siang hari dengan fitur OPPO Reno 10x Zoom, ia menantang diri memotret dengan keadaan kurang cahaya. Berkunjung ke Tokyo Robot Cafe Tito menantang diri memotret objek bergerak dengan kondisi minim cahaya.

Bola Dunia di Museum Miraikan, Museum Nasional Sains dan Inovasi Baru, yang berlokasi di Tokyo. OPPO Reno menawarkan pengalaman memotret hingga perbesaran sepuluh kali, seperti objek dalam foto ini. (Tito Rikardo)

“Di dalam cahaya remang-remang berpadu dengan interior futuristik, dan kita punya tantangan tersendiri untuk memfoto di dalamnya. Tapi dengan OPPO Reno 10x Zoom ini ada fitur namanya Ultra Night Mode 2.0 yang bisa membantu kita merekonstruksi warna sehingga gambar kita jadi lebih cerah,” tambahnya.

Tak hanya memotret, Tito juga melukiskan cerita melalui gambar bergerak. Dengan format video 4K yang tersemat di dalam kamera OPPO Reno 10x Zoom ia merekam setiap momen menarik yang terjadi di Shibuya Crossing.

“Kombinasi banyaknya orang yang lalu lalang dan garis-garis penyeberangan menjadikan rasa visual yang menarik,” pungkasnya.