Ketika Peranti Cerdas Menciptakan Rasa Perjalanan yang Berbeda

By National Geographic Indonesia, Senin, 26 Agustus 2019 | 19:21 WIB
Inilah Kiyotsu Gorge Tunnel, lorong bersejarah sepanjang 750 meter di Desa Echigo Tsumari. Para pejalan bisa menikmati refleksi berkat kreativitas para arsitek Tiongkok yang berujung pemandangan salah satu dari tiga jurang besar Jepang. (Unggul Santosa)

Nationalgeographic.co.id – Belakangan ini dunia fotografi semakin banyak peminatnya. Tidak heran jika banyak orang berlomba untuk menciptakan sebuah foto yang miliki nilai artistik. Salah satunya Unggul Santosa, ia seorang dokter di perusahaan perminyakan sekaligus sebagai fotografer perjalanan.

Sebagai seorang pekerja yang memiliki hobi memotret, Unggul memiliki motto dalam hidupnya “do what you can do now, don’t wait until tomorrow”. Menurutnya, hidup ini jangan menunda pekerjaan yang ada. Hidup harus seimbang antara bekerja dan liburan. Hal ini yang membuat akun instagram @petrichor218 miliknya begitu banyak memamerkan foto perjalanan. Keindahan hasil jepretannya membuat Unggul memiliki banyak penggemar dan terbukti ada 440 ribu pengikut di akun Instagramnya.

Kali ini ia mendapat kesempatan menjelajah Negeri Sakura bersama tim National Geographic Indonesia dalam rangka pembuatan Japan Mobile Photo Journal. Perjalanan dilakukan selama enam hari, yang dimulai pada akhir Juli. Dalam kesempatan ini, ia hanya dibekali gawai cerdas OPPO Reno 10x Zoom untuk mengabadikan dan merangkai cerita selama di Negeri Sakura.  

Perjalanan kali ini sangatlah berbeda dari trip yang biasa dilakukan. OPPO Reno 10x Zoom bersama National Geographic Indonesia mengajak Unggul untuk menjajah urban dan destinasi kreatif seperti museum dan mengabadikan momen dengan gaya berbeda bersama OPPO Reno 10x Zoom.

Para atlet beladiri tradisional Jepang tengah bersiap untuk perlombaan tingkat nasional di Tokyo Sport Hall. Untuk memotret ini, Unggul memanfaatkan fitur perbesaran objek foto hingga sepuluh kali dari teknologi kamera 10x Hybrid Zoom pada gawai cerdasnya. (Unggul Santosa)

“Trip ke Jepang kali ini betul-betul berbeda dengan trip saya sebelumnya. Kalau dulu saya travel biasanya saya ke alam, nature atau enggak ke urban,” ujar Unggul saat Talkshow Zoom Through Creativity di kawasan Menteng, Jakarta, pada Sabtu 17 Agustus 2019.

Tidak hanya mencoba hal baru dalam memotret, Unggul juga mendapat tantangan baru yaitu kondisi cuaca. Karena di bulan tersebut, Jepang masih berada di musim panas. Menariknya, OPPO Reno 10x Zoomini memiliki layar OLED dimana layar tidak gelap saat terkena sinar matahari. Adanya fitur ini membantu Unggul untuk tidak kesulitan memotret pada saat musim panas.

Unggul juga menambahkan, sebelum melakukan suatu perjalanan harus memiliki refrensi tempat wisata yang akan dikunjungi. Dan tidak lupa untuk teliti mengambil angle saat menangkap momen. Karena sudut pandang memainkan peran penting untuk menambah nilai artistik suatu foto.

Persimpangan Shibuya yang telah menjadi salah satu tengara Kota Tokyo. Pola zabra cross dan pejalan yang menyeberanginya memiliki komposisi yang memikat bagi para pejalan untuk diabadikan. (Unggul Santosa)

Kreativitas memotret Unggul dibuktikan saat perjalanannya ke Negeri Sakura bersama National Geographic Indonesia yang didukung dengan gawai cerdas OPPO Reno 10x Zoom. Selama sepekan, ia mengabadikannya menggunakan fitur 10x Hybrid Zoom, yaitu lensa jarak jauh khas OPPO Reno 10x Zoom. Hasilnya, ia mampu mengemas keindahan Negeri Sakura hanya dengan sebuah gawai cerdas.

Unggul juga menceritakan bahwa kemampuan perbesaran hingga sepuluh kali pada OPPO Reno 10x Zoom sangatlah tajam.

“Kalian enggak percaya ya?” ujar Unggul. “Waktu perjalanan di Jepang kemarin, saya memotret Shibuya Crossing, menggunakan fitur 10x Hybrid Zoom, rupanya ada kawan seperjalanan yang terlihat jelas.”