Perjalanan Kian Lengkap dan Kian Dekat Bersama Teknologi Gawai Cerdas Terbaru

By National Geographic Indonesia, Rabu, 28 Agustus 2019 | 16:20 WIB
“Windows of Uncertainty” di Desa Echigo Tsumari, kawasan barat Pulau Hokaido. Desa ini hidup kembali setelah sekelompok seniman membuat karya dengan memadukan teknologi dan tradisi. (Unggul Santosa)

Nationalgeographic.co.id– Kurang sah rasanya bila kita tidak mengabadikan momen mengasyikkan selama perjalanan. Apalagi jika perjalanan ke luar negeri. Perkembangan teknologi gawai cerdas dan kamera membuat kita lebih mudah dalam mengabadikan momen. Untuk mendapatkan foto ala fotografer profesional, kita tidak selalu harus menggunakan kamera besar. Hari ini kemajuan teknologi menciptakan gawai cerdas yang memiliki fitur layaknya kamera profesional.

OPPO Reno 10x Zoom ini paket lengkap untuk travel,” ujar Unggul Santosa dalam acara Talkshow Zoom Through Creativity di kawasan Menteng pada 17 Agustus silam.

Unggul adalah seorang profesional fotografer perjalanan yang kerap mengunggah foto-foto perjalannya di akun Instagram @petrichor218—yang memiliki 440 ribu pengikut. Ia memulai perjalanannya ke Jepang dalam Japan Mobile Photo Journal yang didukung National Geographic Indonesia dan OPPO Indonesia. Dalam perjalanan kali ini Unggul hanya dibekali gawai cerdas terbaru OPPO Reno 10x Zoom untuk merangkai cerita selama sepekan musim panas di Jepang.

Menurut Unggul, OPPO Reno 10x Zoom boleh dibilang paket lengkap untuk perjalanan atau aktivitas luar ruang—tak perlu membawa lensa tambahan yang memberatkan. Pasalnya gawai cerdasnya menawarkan OLED Panoramic Screen, yang membuat layar tetap cerah kendati terpapar sinar matahari. Unggul pun bisa memeriksa hasil foto-fotonya tanpa banyak terdistorsi oleh cahaya matahari. Adanya OPPO Reno 10x Zoom ini memberikan solusi untuk memotret di musim panas, ungkapnya.

Suasana temaram ikan-ikan yang dipajang di galeri aquarium di Tokyo. Selain sebagai karya seni, aquarium yang berisi ikan-ikan juga digunakan untuk terapi kesehatan. (Unggul Santosa)

“Selain itu, yang paling saya notes itu baterainya,” kata Unggul meyakinkan. “Dari malam ngecharge sampai 12 jam kita traveling baterai itu masih tersisa 35 sampai 40 persen. Top banget baterainya, kemudian juga quick charging.

Sebagai fotografer perjalanan, kekuatan daya tahan baterai menjadi sebuah kebutuhan utama. Selain digunakan sebagai memotret, kini gawai cerdas juga berperan sebagai pemandu yang bisa membantu menemukan tempat tujuan.

Dengan baterai berkapastias 4.065 mAh serta teknologi pengisian daya cepat dari VOOC 3.0 Unggul tidak perlu repot untuk mengisi daya baterai saat perjalanan. Iritnya penggunaan baterai OPPO Reno 10x Zoom ini mempermudah Unggul memotret perjalanannya selama di Jepang.

Seni instalasi Potemkin di Echigo-Tsumari Field Art. Filosofi hidup warganya berpadu dengan seni modern, yakni “selaras bersama alam”. (Unggul Santosa)

Gawai cerdas yang digunakan Unggul itu memiliki tiga kamera utama. Fungsinya pun beragam: untuk foto bersudut lebar dengan fitur wide angle, foto minim cahaya dengan fitur Ultra Night mode 2.0, foto beresolusi tinggi dengan 48 Megapixel, hingga supertelefoto 10x Hybrid Zoom.

Menurut Unggul, OPPO Reno mengerti kebutuhan mobile fotografi dengan menyediakan penyimpanan internal 256 GB dan dapat diperluas dengan penyimpanan eksternal hingga 256 GB, plus memiliki RAM 8GB. Dengan adanya memori besar, ungkapnya, Anda jangan takut kehabisan memori untuk menyimpan foto dan video selama perjalanan.

Pemandangan bukit dan lembah di Echigo-Tsumari. Desa ini menawarkan pemandangan khas pedesaan. Namun, yang membuatnya lebih menarik adalah instalasi seni modern yang sengaja ditempatkan di tengah lanskapnya yang hijau. (Unggul Santosa)