Pungut Sampah Bareng #SayaPilihBumi di Otobursa Tumplek Blek 2019

By National Geographic Indonesia, Minggu, 1 September 2019 | 20:21 WIB
Para relawan #SayaPilihBumi melakukan kegiatan pungut sampah di acara Otobursa Tumplek Blek 2019, Minggu (1/9) (Dok. #SayaPilihBumi)
 
Nationalgeographic.co.id - Gerakan #SayaPilihBumi hadir pada gelaran Otobursa Tumplek Blek 2019 pada Minggu (1/9). Pada kesempatan kali ini, #SayaPilihBumi berkolaborasi dengan kampanye #StreetManners yang diinisiasi oleh Tabloid Otomotif.
 
Kegiatan kali ini dibuka dengan aksi bersepeda bersama Komunitas Sepeda Mini Indonesia menuju area pameran. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memungut sampah di area pameran bersama dengan volunteer. Setelah itu para "Relawan Bumi" ini melakukan aksi edukasi kepada para pengunjung dengan membagikan kantong belanja pakai ulang sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.
 
"Kami melakukan aksi dan edukasi di gelaran Otobursa Tumplek Blek ini, ingin mengajak masyarakat khusunya para pengunjung di Otobursa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai", ungkap Diky Wahyudi Lubis selaku Community Specialist National Geographic Indonesia.
 
Baca Juga: Nepal Larang Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Sekitar Everest
 
Perwakilan Komunitas Sepeda Mini Indonesia, Sanjaya Arifin, menyatakan partisipasi komunitasnya dikarenakan adanya kesamaan visi yakni untuk selalu menjaga Bumi. Sanjaya sadar bahwa semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga lingkungan dan harus berkolaborasi agar pekerjaan besar itu menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
 
Dengan adanya kegiatan hari ini diharapkan dapat memunculkan kesadaran para pengunjung Otobursa Tumplek Blek 2019 untuk selalu menjaga lingkungan dan mau menjadi bagian dalam upaya menjadikan Bumi tempat yang lebih baik.
 
Menimbang sampah yang berhasil dikumpulkan. (Dok. #SayaPilihBumi)
 
Gerakan #SayaPilihBumi
 
#SayaPilihBumi merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari agar menjadi individu yang lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap limbah sampah yang dihasilkan melalui hal-hal kecil yang dapat dilakukan oleh diri sendiri.
 
Melalui gerakan #SayaPilihBumi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai bahaya sampah bagi ekosistem lingkungan serta bagaimana cara penanggulangannya.
 
Para relawan Bumi. (Dok. #SayaPilihBumi)
 
Baca Juga: Bagaimana Dampak Kebakaran Hutan Amazon Terhadap Satwa Liar yang Tinggal di Sana?
 
Lalu, gerakan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya sampah, dan melakukan sebuah gerakan bersama agar dapat menginspirasi dan mendorong masyarakat lainnya untuk dapat berbuat sesuatu bagi lingkungan mereka melalui hal-hal sederhana.
 
#SayaPilihBumi mungkin bukanlah solusi bagi permasalahan sampah Jakarta, Indonesia, ataupun dunia, tetapi kami percaya bahwa dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan kepedulian masyarakat akan mengubah perilakunya untuk peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama menjadi bagian dari solusi bukan polusi.