Sering Sakit? Enam Makanan Ini Bagus untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 13 September 2019 | 15:49 WIB
Ilustrasi anak sakit. (Ryan King 999/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Vitamin C memiliki reputasi sebagai sumber gizi yang baik. Oleh sebab itu, jangan heran jika makanan-makanan di bawah ini memiliki kandungan tersebut.

Di dalam tubuh, vitamin C bertindak sebagai antioksidan–melindungi sel-sel dari bahaya radikal bebas. Mengonsumsinya membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang sangat penting bagi fungsi sistem imun.

Meskipun makanan kaya vitamin C tidak langsung menyembuhkan gejala flu Anda, namun mengonsumsinya secara teratur bisa mencegah penyakit. Berikut enam makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh:

Lemon

Lemon merupan salah satu buah yang bisa membantu menurunkan berat badan. (5second/Getty Images/iStockphoto)

Lemon memiliki kandungan bio-flavonoid yang tinggi. Senyawa tersebut dapat membunuh radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu melindungi tubuh dari virus influenza dan infeksi lainnya.

Baca Juga: Bukan Obat, Dokter Berikan Tanaman Hijau untuk Atasi Depresi

Apel

Apel (Lutfi Fauziah)

Menurut sebuah studi pada 2015, orang-orang yang mengonsumsi satu apel setiap harinya, jarang mendapat resep obat dari dokter. Selain itu, mereka yang secara rutin makan apel, cenderung terhindar dari gejala asma.

Apel juga kaya akan serat yang membantu mengurangi inflamasi. Bonusnya: mengonsumsi apel membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan.