Tidak Hanya Untuk Kesenangan, Musik Memiliki 5 Manfaat Bagi Tubuh

By National Geographic Indonesia, Selasa, 17 September 2019 | 11:29 WIB
Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu meredakan stres. (Lordn/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeoraphic.co.id - Musik merupakan medium yang sangat kuat. Tidak hanya membuat Anda ikut bersenandung dan menggerakkan badan, tapi musik juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah lima alasan kita harus mendengarkan musik setiap hari:

1. Mengurangi rasa sakit

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa ketika pasien fibromyalgia mendengarkan musik yang mereka sukai selama 10 menit, detak jantungnya jadi lebih lambat dari 120 denyut per menit. Pasien juga mengatakan, rasa sakit yang dirasakan berkurang.

Sebaliknya, ketika mendengarkan suara bising, rasa sakit meningkat. Mobilitas para pasien juga membaik dengan mendengarkan musik.

Baca Juga: Sering Mengalami Mimpi Buruk? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Kita

2. Membantu Anda lebih fokus

Besok, jika Anda perlu menyiapkan presentasi untuk kuliah atau kerja, kerjakan sambil mendengarkan musik klasik.

Penelitian tahun 2007 oleh Stanford University School of Medicine menemukan bahwa musik dari Zaman Barok akhir dapat mengubah bagian tertentu di otak sehingga orang yang mendengarkannya bisa lebih fokus dalam bekerja.

3. Meningkatkan performa olahraga

Mendengarkan lagu Beyonce bisa jadi perintang waktu ketika harus menunggu pelatih datang. Namun, tahukah Anda bahwa musik juga dapat membantu Anda menyelesaikan sesi latihan yang berat?

Penelitian terhadap 20 orang dewasa yang aktif latihan interval menunjukkan bahwa musik membuat sesi olahraga menjadi lebih bisa dinikmati dan meningkatkan vitalitas. Alhasil, olahraga yang berat sekalipun jadi terasa lebih ringan dengan adanya musik favorit.