Penemuan Baru, MFGM Bantu Buat Susu Formula Dengan Gizi Seperti ASI

By Celine Veronica, Selasa, 29 Oktober 2019 | 19:00 WIB
Ilustrasi susu anak (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id – Kita ketahui secara umum bahwa ASI jauh lebih baik untuk bayi daripada susu formula. Namun, karena berbagai alasan, tidak semua wanita dapat memberikan ASI nya kepada anak-anaknya.

Tetapi jangan khawatir, penelitian baru telah mengasah pada salah satu komponen kunci yang memberikan keuletan ASI. Berbekal pengetahuan ini, para peneliti mulai membuat formula bayi yang lebih baik, dimana memiliki manfaat yang sama dengan ASI, termasuk yang berpotensi meningkatkan perkembangan otak.

ASI tidak hanya mengandung kalori untuk "menggemukkan" bayi, tetapi juga mengandung berbagai komponen bermanfaat lainnya - seperti sel darah putih yang membantu melawan infeksi, dan nutrisi khusus untuk membantu membangun microbiome usus yang sehat - yang membantu mendorong pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh yang kokoh, dan kesejahteraan umum. Yang penting, beberapa bahan juga tampaknya memainkan peran sentral dalam perkembangan otak.

Salah satu komponen utama ASI adalah tetesan lemak yang dilapisi oleh membran yang mengandung nutrisi, termasuk protein, gula, dan lemak. Meskipun tidak sepenuhnya jelas mengapa nutrisi ini dalam membran globule lemak susu (MFGM) sangat penting, tampaknya mereka tidak ditemukan dalam banyak campuran formula.

Baca juga: Antara Susu dan Yoghurt, Mana yang Lebih Sehat Bagi Tubuh?

“Bukti mulai menumpuk yang menunjukkan bahwa nutrisi dalam membran itu penting,” ujar penulis studi John Colombo, profesor psikologi dan direktur Life Span Institute di University of Kansas, menjelaskan dalam sebuah pernyataan. "Dalam formula yang dihomogenisasi, tetesannya pecah, dan nutrisi membran ini biasanya dihilangkan."

Untuk menyoroti pentingnya nutrisi MFGM, para peneliti melakukan uji coba klinis tersamar ganda, acak yang mengamati hampir 300 bayi di Cina, setengah di antaranya diberi susu formula standar dan setengahnya menerima susu formula dengan menambahkan MFGM sapi dari sapi.

Seperti yang dilaporkan dalam Journal of Pediatrics minggu ini, formula yang ditambahkan MFGM membanggakan beberapa hasil yang mengesankan. Bayi yang menerima formula suplemen MFGM memiliki skor perkembangan saraf yang lebih tinggi dari usia 4 hingga 9 bulan. Mereka juga telah meningkatkan perhatian berkelanjutan pada 1 tahun dan keterampilan bahasa yang sedikit lebih kuat pada 18 bulan. Selain itu, mereka memiliki lebih sedikit masalah pencernaan dan pernapasan.

Studi tentang MFGM masih dalam masa-masa awal, sehingga para peneliti tidak yakin dengan sifat hubungan dengan perkembangan kognitif. Namun demikian, ini tentu saja merupakan tautan yang menarik yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Penulis studi berharap uji coba mereka - yang pertama dari jenisnya - menambah bank data yang berkembang tentang masalah ini dan meletakkan beberapa dasar untuk penelitian lebih lanjut.