Meredakan Diare Hingga Menjaga Gula Darah, Ini Manfaat Beras Kencur

By National Geographic Indonesia, Selasa, 12 November 2019 | 13:27 WIB
Ilustrasi beras kencur. (kulinersehat.com via Tribunnews)

Nationalgeographic.co.id - Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat akrab dengan jamu. Dari sekian banyak jenis jamu di pasaran, salah satu yang cukup populer adalah beras kencur. Usut punya usut, jamu beras kencur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho!

Manfaat jamu beras kencur

Walau namanya beras kencur, minuman yang satu ini ternyata dibuat dari campuran berbagai bahan. Jamu manis dengan aroma herbal yang kuat ini diracik dari jahe, asam jawa, gula jawa, dan daun pandan. Semua campuran bahan tersebut tidak hanya meningkatkan cita rasanya, tapi sekaligus juga khasiatnya.

Berikut beberapa manfaat jamu beras kencur yang perlu Anda ketahui:

1. Mempertahankan gula darah normal

Penelitian dari departemen farmasi Universitas Tanjungpura melaporkan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. Bahkan setelah Anda setop minum jamu.

Baca Juga: Hindari Lima Kebiasaan Buruk Ini Jika Anda Tidak Ingin Stres

Manfaat beras kencur satu ini tentu jadi angin segar bagi para diabetesi yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

Namun, bukti-bukti yang didapat sampai saat ini masih berupa penelitian skala kecil. Masih dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanannya dalam jangka panjang.

2. Meredakan diare

Jamu beras kencur juga memiliki manfaat sebagai obat diare alami. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan, kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah.

Studi tersebut memperlihatkan gejala diare pada hewan coba yang diberikan ekstrak kencur berangsur membaik, sementara kelompok lainnya tidak menunjukkan hal yang sama. Kelompok hewan coba yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung mengalami gejala diare terus menerus.

Lagi-lagi, bukti dari manfaat beras kencur satu ini masih diperoleh dari studi kecil yang dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian besar-besaran yang dilakukan pada partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaatnya.

3. Meredakan batuk berdahak

Merasa tersiksa dengan batuk berdahak yang tak kunjung mereda? Minum segelas jamu beras kencur mungkin dapat membantu mengatasinya. Ramuan tradisional kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak, begitu pula dengan jahe.

Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis dari jamu beras kencur yang aman dan efektif untuk batuk berdahak.