Lima Kebiasaan yang Membantu Anda Hidup Belasan Tahun Lebih Lama

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 14 November 2019 | 11:22 WIB
Orang-orang yang mematuhi lima kebiasaan hidup sehat tadi, 74% di antaranya meninggal lebih lama. (monkeybusinessimages)

Nationalgeographic.co.id - Menurut sebuah studi, menerapkan lima gaya hidup berikut bisa memperpanjang umur Anda hingga 14 tahun.

Lima kebiasaan itu sangat mudah dilakukan–yakni diet sehat, olahraga teratur, batasi minum alkohol, tidak merokok, dan menjaga berat badan.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Circulation ini, berusaha untuk mengukur sejauh mana lima hal tersebut memengaruhi kesehatan dan umur seseorang.

Baca Juga: Meredakan Diare Hingga Menjaga Gula Darah, Ini Manfaat Beras Kencur

Hasilnya menunjukkan bahwa menerapkannya secara berkala, bisa menambah harapan hidup perempuan di usia ke-50, sebanyak 14 tahun. Sementara pada pria, angka harapan hidupnya bertambah hingga 12 tahun.

Penelitian

Para peneliti menganalisis data dari dua studi besar yang dilakukan oleh ahli kesehatan di Amerika Serikat. Mereka menggunakan sampel sekitar 79 ribu perempuan dan 44 ribu pria.

Para partisipan diminta untuk mengisi kuesioner mendetail tentang kesehatan dan gaya hidup mereka setiap dua hingga empat tahun sekali. Peneliti lalu memantau kepatuhan partisipan terhadap lima kebiasaan sehat yang menjadi fokus studi.

Mereka dianggap sudah menerapkan gaya hidup sehat apabila masuk ke dalam 40% kelompok teratas, yang ditentukan berdasarkan skor Indeks Makan Sehat-nya.

Nilai Indeks Makan Sehat partisipan tersebut dihitung dengan menentukan batas minuman keras satu gelas per hari untuk wanita, dan maksimal dua gelas bagi pria; memiliki indeks massa tubuh antara 18,5 hingga 24,9; berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari; dan tidak pernah merokok.

Baca Juga: Hindari Lima Kebiasaan Buruk Ini Jika Anda Tidak Ingin Stres

Para peneliti mengikuti perkembangan partisipan hingga 34 tahun. Selama jangka waktu tersebut, lebih dari 42 ribu partisipan meninggal. Sekitar 14 ribu meninggal karena kanker, dan 10 ribu akibat penyakit jantung.