Studi: Memelihara Anjing Dapat Membuat Anda Panjang Umur

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 20 Desember 2019 | 15:13 WIB
Menurut sebuah penelitian, memelihara anjing dapat membuat Anda panjang umur. (Oxana Medvedeva/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah review ilmiah terbaru, yang melibatkan penelitian selama 70 tahun terkait manfaat kesehatan dari memelihara hewan, menunjukkan bahwa memiliki anjing dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Berdasarkan 10 studi yang ada dalam review tersebut, memelihara anjing berkaitan dengan penurunan risiko kematian hingga 24%.

Selain itu, hanya dengan membelai anjing, diketahui dapat menurunkan tekanan darah Anda. 

Baca Juga: Tidak Selalu Merugikan, Stres Ternyata Juga Ada Manfaatnya

 

Review terbaru ini merupakan refleksi dari studi 2013 yang menyatakan bahwa memelihara anjing berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskuler. Ini terjadi karena pemilik anjing biasanya melakukan lebih banyak aktivitas fisik seperti membawa hewan peliharaan mereka tersebut untuk berjalan-jalan. 

Meski begitu, masih ada keterbatasan dalam penelitian ini. Menurut para peneliti, analisis mereka hanya melibatkan sampel yang kecil. Jadi, hasilnya belum tentu sesuai dengan populasi yang lebih besar.

Baca Juga: Mengapa Udara Dingin Bikin Sering Membuat Kita Ingin Buang Air Kecil? 

Namun, bagaimana pun juga, review tersebut menegaskan bahwa ada kaitan antara memelihara anjing dengan penurunan "risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular". 

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association's Circulation