Potret Keseharian Suku Aymara yang Kerap Dianggap Sebagai Cerita Rakyat

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 3 Januari 2020 | 17:02 WIB
Fotografer Bolivia, Manuel Seoane, ingin menunjukkan keseharian suku Aymara melalui gambar-gambar yang diambilnya. (Manuel Seoane)

Nationalgeographic.co.id – Dikenal dengan topi bowler dan rok lebarnya, suku Aymara di Bolivia ingin orang-orang melihat mereka lebih dari sekadar produk budaya dan cerita rakyat.

Para pengunjung biasa di Bolivia mungkin menganggap mereka tahu siapa suku Aymara. Wanita dengan rok lebar, syal bersulam yang terlampir di bahu, serta topi bowler yang bertengger di kepala. Mungkin, para turis juga telah melihat cholita, pegulat wanita yang kerap bertarung dengan sesamanya (atau bahkan laki-laki).

Maribel Casilla dan Maritza Ticona, mahasiswi (Kiri). Oscar Medina, tentara (Kanan). (Manuel Seoane)

Aymara merupakan satu dari kelompok masyarakat adat terbesar di Bolivia. Namun sayangnya, mereka hidup dalam diskriminasi.

“Mereka sering dilihat hanya sebagai penampil,” kata Manuel Seoane, fotografer asal Bolivia.

Genaro Huarina, pandai besi (Kiri). Abel Chambi, murid sekolah (Kanan). (Manuel Seoane)

Dua tahun lalu, Seoane, mulai berbicara dengan mahasiswa di El Alto, tentang apa rasanya menjadi bagian dari suku Aymara.

“Yang dikatakannya adalah: Aymara hanya dianggap sebagai bagian dari cerita rakyat. Padahal, mereka juga manusia biasa,” ungkap Seoane.

Wilson Chuqui, pekerja klub (Kiri). Hilda Mayta, koki dan ibu rumah tangga (Kanan). (Manuel Seoane)

Dengan potret-potret yang ditangkapnya ini, Seoane ingin menggambarkan orang-orang Aymara dalam kehidupan sehari-hari mereka—dengan pakaian tradisional dan kadang juga modern.

“Ketika foto-foto ini akhirnya dipamerkan, banyak orang yang melihat mereka sebagai manusia normal,” kata Seoane. Ia pun menganggap tujuannya berhasil.

Jhonny Quispe, Melba Urquizo, dan Jhonn Antony Quispe (Kiri). Marcos Zarco, agen keamanan (Kanan). (Manuel Seoane)