Karya-karya Seni Ini Menampilkan Keindahan Botani dan Zoologi Bumi

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 3 Februari 2020 | 13:50 WIB
Ilustrasi cephalopoda. (Biodiversity Heritage Library)

Nationalgeographic.co.id – Sebagai arsip digital terbuka dan terbesar di dunia yang didekasikan untuk kehidupan di Bumi, Biodiversity Heritage Library menyimpan sketsa hewan, diagram historis, studi botani, dan beragam penelitian ilmiah yang dikumpulkan dari ratusan hingga ribuan jurnal dan perpustakaan seluruh dunia.

Dalam rangka berbagi informasi, serta berkolaborasi untuk memerangi krisis iklim yang sedang terjadi, situs tersebut menawarkan koleksi literatur lebih dari 55 juta halaman. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari abad ke-15. Selain itu, ada 150 ribu ilustrasi yang bisa diunduh secara gratis dengan resolusi tinggi.

Baca Juga: Tak Sengaja Menelan Sampah, Tinja Penyu Ini Berisi Plastik

Di antara koleksi-koleksi tersebut, ada salinan digital The Zoological Sketches karya Joseph Wolf—berisi sekitar 100 litograf yang menggambarkan hewan-hewan liar di Regent’s Park, London. Wolf awalnya membuat dan melukis sketsa tersebut pada pertengahan abad ke-19.

Karya-karya lainnya cukup beragam, meliputi lukisan cat air tentang bunga-bunga asli di Kepulauan Hawaii hingga taksidermi dengan gambar instruksi yang dipublikasikan pada 1883.

Ilustrasi Dictyophora phalloidea. (Biodiversity Heritage Library)

Sejarah lengkap tanaman hutan di Jerman. (Biodiversity Heritage Library)

Baca Juga: Chinese paddlefish, Salah Satu Ikan Terbesar di Dunia Telah Punah

Biodiversity Heritage Library juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda melihat karya-karya yang ada di sana. Mulai dari fitur pencarian untuk menemukan spesies berdasarkan taksonomi, hingga fitur pemantau perrcakapan online yang berkaitan dengan buku dan artikel dalam arsip.

Secara konsisten menambahkan koleksi ke domain publik, Biodiversity Heritage Library kini sedang mengerjakan proyek untuk mempromosikan kesadaran atas pentingnya catatan lapangan yang tersedia di Smithsonian Institution Archives, Smithsonian Libraries, dan National Museum of Natural History.

Sejarah alam Carolina, Florida, dan Kepulauan Bahama digambarkan berisi burung, binatang buas, ikan, ular, serangga, dan beragam tumbuhan. (Biodiversity Heritage Library)

Tagetes. (Biodiversity Heritage Library)