Kurangi Plastik, Gelas Aluminium Disediakan Pada Perhelatan Super Bowl 2020

By Aditya Driantama H, Kamis, 6 Februari 2020 | 15:23 WIB
Gelas Aluminium Super Bowl ()

Nationalgeographic.co.id - Plastik memang sudah sejak lama menjadi tantangan bagi kita semua khususnya masyarakat seluruh dunia. Bahannya yang sulit terurai menjadikan plastik sebagai bahan yang memberikan kontribusi besar terhadap kerusakan alam serta perubahan iklim.

Berbagai upaya dilakukan dalam mengurangi penggunaan plastik. Salah satu yang menarik adalah yang dilakukan liga sepakbola nasional (NFL) di Amerika Serikat.

Pada pertandingan final (Super Bowl) yang dilaksanakan pada Senin 3 Februari lalu, disediakan gelas aluminium untuk para pengunjung pertandingan tersebut di stadion Hard Rock.

Baca Juga: Perusahaan di Kenya Membuat Bahan Bakar dari Kotoran Manusia

Upaya ini menjadi gebrakan melihat ada lebih dari setengah juta gelas plastik yang digunakan pada perhelatan Super Bowl setiap tahunnya.

Stadion Hard Rock sendiri berkomitmen untuk menghilangkan 99,4 persen kemasan plastik tahun ini. Oleh sebab itu, mereka menyediakan 50 ribu gelas alumunium yang bisa digunakan secara berulang.

Baca Juga: Upaya Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang Botol Plastik

Jika kita melihat data dari The Aluminium Association, asosiasi perdagangan produk aluminium, 75 persen aluminium yang diproduksi di Amerika Serikat masih digunakan sampai saat ini. Sehingga aluminium dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan serta mudah dalam proses daur ulang.

Perusahaan alumunium ini juga berencana untuk melanjutkan inovasinya ke perusahaan minuman, taman dan fasilitas rekreasi, perguruan tinggi, restoran, industri perhotelan dan lain-lain.

Langkah ini dinilai sangat berpengaruh dalam mengurangi penggunaan plastik. Mengajak para penggemar Super Bowl untuk menggunakan gelas aluminium menjadi awal yang baik untuk menjaga lingkungan.